Search for collections on Undip Repository

FIBRILASI SERAT BAMBU AMPEL (bambussa vulgaris) UNTUK KOMPOSIT

Majid, Fattah Kurnia (2023) FIBRILASI SERAT BAMBU AMPEL (bambussa vulgaris) UNTUK KOMPOSIT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_RPM_Fattah Kurnia Majid.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Bambu dapat digunakan sebagai bahan baku alat kesenian, mebel, konstruksi bangunan, hingga produk komposit. Bambu telah dimanfaatkan dalam pengembangan produk komposit polimer. Salah satu pembuatan komposit dapat dilakukan secara mekanik menggunakan high speed stirring. Proses metode mekanik dilakukan dengan berbagai variasi mata pisau, perlakuan, dan waktu untuk pembeda fibril serat bambu sebagai komposit yang baik. Fluida dan serat yang berada pada tabung tangki akan dimixing oleh putaran mata pisau untuk mencapai serat yang fibrilasi. Serat yang telah fibrilasi akan diuji menggunakan Scanning electron microscope untuk menggambarkan bentuk permukaan dari sampel yang dianalisis. Untuk mengetahui aliran fluida dan sebaran serat pada tabung yang menghasilkan putaran 10.000rpm dapat menggunakan software Computational Fluid Dynamics.
Simulasi mata pisau menggunakan Computational Fluid Dynamics yang terjadi didalam tangki dengan mata pisau 12 sudu memiliki kecepatan 1,5m/s hingga 31,6m/s dan bertekanan 2,28Pa lalu pada mata pisau 8 sudu memiliki kecepatan 2,5m/s hingga 36,6 m/s dan bertekanan 1,60Pa sedangkan simulasi mata pisau yang terakhir dengan jumlah 6 sudu memiliki kecepatan 3,48 m/s dan bertekanan 20,2 Pa. Hasil simulasi yang didapat dan berbagai perlakuan serat ,mata pisau 12 sudu menjadikan specimen untuk diuji SEM, Hasil SEM yang didapat pada perlakuan Perendaman Aquades mencapai ukuran 0,1–0,5 μm sedangkan perlakuan perendaman NaOH mencapai 0,08–0,12 μm saat pembesaran morfologi 10.000 kali.
Dari pengujian yang dilakukan didapat bahwa mata pisau 12 sudu dengan putaran 10.000rpm memiliki aliran, tekanan, dan sebaran serat yang baik. Untuk perlakuan serat perendaman NaOH dapat menghasilkan serat nanosize yang begitu fibril.
Kata Kunci : serat bambu, high speed stirring, simulasi CFD, uji SEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : serat bambu, high speed stirring, simulasi CFD, uji SEM
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:46
Last Modified: 09 Jan 2024 03:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item