Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI PODCAST UMKM JAMU BUNA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN REMAJA

Mahendra, Kevin Resha (2023) PRODUKSI PODCAST UMKM JAMU BUNA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_INHUM_Kevin Resha Mahendra Cover.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Tugas akhir ini bersikan tentang produksi video podcast UMKM Jamu Buna yang terletak di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Produksi podcast UMKM Jamu Buna bertujuan guna menghasilkan video podcast sebagai media penyebaran informasi yang mudah diterima konsumen kalangan remaja. Video Podcast UMKM Jamu Buna bertujuan untuk meningkatkan brand awareness produk Jamu Buna khususnya terhadap kalangan remaja. Masalah yang teridentifikasi adalah kurangnya branding dari UMKM Jamu Buna yang berpengaruh kepada minat kalangan remaja mengonsumsi jamu itu kurang. Kurangnya minat remaja dalam mengonsumsi Jamu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya branding, edukasi, ajakan persuasi, dan kesalahan persepsi bahwa jamu itu pahit.
Dalam proses pembuatan video podcast ini dibuat melalui mekanisme 3 Tahapan produksi (pra produksi, produksi, dan pasca produksi). Tahap pra produksi berisikan berbagai kegiatan seperti pengumpulan data, wawancara dengan klien, pembuatan konsep ide cerita podcast, konfirmasi tempat produksi, konfirmasi talent, dan persiapan alat-alat produksi. Kemudian dilanjut ke tahap produksi yaitu eksekusi pengambilan gambar (shooting) di lapangan dengan acuan sesuai konsep ide cerita podcast yang telah dibuat sebelumnya. Pada saat produksi berlangsung, perekaman menggunakan 3 kamera dengan sudut pengambilan gambar (angle) eye level dan ukuran rasio 16:9 (horizontal). Selain itu, tema dan metode podcast yang digunakan adalah Bisnis Kewirausahaan dan metode Interview Podcast dengan 1 host dan 2 narasumber. Tahapan yang terakhir adalah pasca produksi, di tahap ini berisi tentang kegiatan penyelesaian berupa editing dan analisis publikasi. Dari hasil produksi video podcast yang telah dibuat, menunjukkan adanya kaitan, hambatan dan berbagai perubahan antara perencanaan mekanisme 3 Tahapan produksi dengan gambaran umum hasil.
Dengan demikian, video podcast ini diharapkan mampu menyampaikan informasi yang mudah diterima konsumen UMKM Jamu Buna khususnya kalangan remaja. Selain itu, juga diharapkan bisa meningkatkan brand awareness produk Jamu Buna terhadap kalangan remaja.
Kata Kunci : Podcast, Brand Awareness, UMKM Jamu Buna, Desa Wisata Kandri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Podcast, Brand Awareness, UMKM Jamu Buna, Desa Wisata Kandri
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:55
Last Modified: 05 Jan 2024 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item