Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI 3S (SDKI, SLKI, SIKI)DALAM PROSES KEPERAWATAN NYERI KANKER

Harmaji, Anggun Janu and handayani, fitria and Mustofa, Syamsulhuda Budi (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI 3S (SDKI, SLKI, SIKI)DALAM PROSES KEPERAWATAN NYERI KANKER. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (347kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Dokumentasi asuhan keperawatan dapat menjadi alat untuk mengidentifikasi keberhasilan asuhan yang diberikan dan merupakan legalitas serta bukti tertulis dalam pencatatan asuhan yang diberikan sehingga merupakan tanggung jawab dan tanggung gugat dari tindakan yang dilakukan oleh perawat. Pendokumentasian asuhan keperawatan berdasarkan standar asuhan keperawatan dapat menjadi dasar perawat dalam melakukan tindakan keperawatan yang sesuai dengan kebutuhan dalam mengatasi masalah pasien termasuk dalam proses keperawatan nyeri kanker. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan pengembangan penerapan
Standar Dokumentasi Keperawatan Indonesia, Standar Luaran Keperawatan Indonesia dan Standar Intervensi Keperawatan Indonesia berbasis elektronik dalam proses keperawatan nyeri kanker. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D), yaitu pengembangan pendokumentasian proses keperawatan berbasis elektronik yang mengacu pada Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia (SDKI), Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI), Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI). Pengembangan aplikasi 3S dilakukan dengan tahapan pengembangan desain, uji expert, dan uji coba terbatas dengan hasil bahwa perlu pengembangan pada menu edit untuk dapat melakukan penambahan data pasien setiap hari, disamping itu perlu ada perbaikan pada tampilan view pengkajian sesuai dengan format yang ditentukan. Penyempurnaan aplikasi 3S akan dilakukan terus menerus untuk memaksimalkan kualitas hasil pendokumentasian asuhan keperawatan dalam aplikasi 3S, karena pengembangan pendokumentasian asuhan pasien bersaing dengan proses pengembangan elektronik rekam medis dalam pelayanan pasien di rumah sakit di Indonesia. Banyak pengembangan elektronik rekam medis di Indonesia dengan berbagai sudut pandang dan sesuai kebutuhan rumah sakit, untuk itu perlu kajian mendalam sebelum menggunakan elektronik rekam medis, agar sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:11
Last Modified: 05 Jan 2024 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19812

Actions (login required)

View Item View Item