Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GAGASAN ATMANIRBHAR BHARAT ABHIYAAN DALAM KEBIJAKAN LUAR NEGERI PERDANA MENTERI NARENDRA MODI: STUDI KASUS PEMBLOKIRAN APLIKASI SOFTWARE ASAL CHINA DI INDIA

Putri, Athaya Aulia (2023) PENGARUH GAGASAN ATMANIRBHAR BHARAT ABHIYAAN DALAM KEBIJAKAN LUAR NEGERI PERDANA MENTERI NARENDRA MODI: STUDI KASUS PEMBLOKIRAN APLIKASI SOFTWARE ASAL CHINA DI INDIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

India menghasilkan kebijakan pemblokiran aplikasi software asal China di negara tersebut pada bulan Juni tahun 2020 silam. Kebijakan ini dirumuskan oleh karena tuduhan pelanggaran privasi dan pencurian data warga negara India oleh China dan dianggap mengganggu keamanan nasional India. Bersamaan dengan kebijakan tersebut juga, kemudian India menyatakan bahwa kebijakan ini berkaitan dengan inisiatif Atmanirbhar Bharat Abhiyaan yang dihasilkan oleh Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi di bulan Mei tahun 2020. Inisiatif ini memiliki gagasan utama, yaitu sebagai cita-cita dari Self-reliant India atau Kemandirian India.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana keterkaitan antara gagasan yang tertanam di dalam inisiatif ABA memberikan pengaruh dan menjadi petunjuk dalam perumusan kebijakan di India, yaitu pemblokiran aplikasi asal China, serta melihatnya melalui konsep ancaman siber
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ideas and Foreign Policy oleh Robert Keohane dan Judith Goldstein, yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana gagasan yang tertanam di dalam inisiatif ABA dapat mempengaruhi kebijakan pemblokiran aplikasi software asal China di India. Gagasan ini memiliki beberapa unsur dan peran dalam perumusan kebijakan luar negeri.
Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai gagasan yang tertanam dalam inisiatif ABA berasal dari causal dan principled beliefs yang telah lama tertanam di India dan bagaimana gagasan tersebut berperan sebagai roadmaps atau petunjuk dalam perumusan kebijakan luar negeri di India. Dalam penelitian ini, yaitu mengenai cita-cita kemandirian India dalam inisiatif ABA yang menjadi landasan dihasilkannya kebijakan pemblokiran aplikasi software asal China di India.

Kata Kunci: Atmanirbhar Bharat Abhiyaan, kemandirian India, kebijakan luar negeri, pemblokiran aplikasi software China, ancaman siber.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:06
Last Modified: 04 Jan 2024 04:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item