Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

RAHMA, FIRDIANA KAMALA (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FIRDIANA.pdf - Published Version

Download (311kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan tingkat volume sampah yang dihasilkan. Sampah yang tidak dikelola menyebabkan kondisi darurat yang dapat menimbulkan berbagai masalah ekologi. Partisipasi masyarakat merupakan salah satu strategi dalam membantu menanggulangi kompleksnya permasalahan sampah yang ada. Untuk itu, perlu diadakannya program pengelolaan sampah yang efektif untuk menumbuhkan sanitasi yang baik dan peningkatan kualitas lingkungan yaitu bank sampah. Jenis penelitian adalah kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung (cross sectional) dan diharapkan dapat menghasilkan data dalam bentuk deskriptif yang tertuang pada uraian secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai proses yang sedang berjalan dan yang sedang diamati. Subjek penelitian adalah masyarakat Kecamatan Gunungpati. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dalam bentuk data primer dan sekunder. Bank Sampah hanya menjual sampah anorganik seperti kardus, botol plastik, maupun plastik bekas kemasan, sedangkan sampah organik dijadikan kompos.
Upaya daur ulang padaisampahiorganikidilakukaniolehiwargaisecaraiindividu.iPeranisertaimasyarakatidalamipelaksanaan iprogram ibank isampah iditunjukkanimelalui ikeaktifan imasyarakat iyang bergabung menjadi pegawai dan nasabah. lPartisipasi lmasyarakat ldalam lpengelolaan isampah ldi lKecamatan Gunungpati lKota lSemarang idiantaranya: Masyarakat antusias berpartisipasi dalam pengelolaan sampah, dan Pengelolaan sampah berjalan dengan baik. Faktor pendukung pengelolaan sampah di Kecamatan Gungpati adalah partisipasi masyarakat yang tinggi dan adanya dukungan stakeholder setempat. iFaktor ipenghambat ipengelolaan isampah idi iKecamatan iGunungpati iKota Semarang diantaranya kurangnya sumberdaya manusia, kurangnya kendaraan operasional, serta lahan bank sampah.

Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Bank Sampah, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:46
Last Modified: 04 Jan 2024 03:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item View Item