Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI PROTECTION AND INDEMNITY (P&I) PADA PERUSAHAAN PELAYARAN. _215 Dagang 2023

HESATAMA, DARRYL SEPHANDRA and Mahmudah, Siti and Musyafah, Aisyah Ayu (2023) KAJIAN YURIDIS PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI PROTECTION AND INDEMNITY (P&I) PADA PERUSAHAAN PELAYARAN. _215 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulisan ini membahas mengenai pengaturan klaim asuransi jenis P&I pada perusahaan pelayaran berdasarkan pengaturan luar negeri dan yang sudah berlaku dalam wilayah Indonesia. Penelitian ini menganalisis peran asuransi Marine Protection and Indemnity (P&I) dalam melindungi risiko-risiko di industri maritim dari tanggung jawab pihak ketiga. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif untuk memahami konsep, manfaat, dan tantangan asuransi P&I dalam mengatasi kerusakan kapal, tanggung jawab terhadap pihak ketiga, ganti rugi lingkungan, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pemahaman mendalam tentang cakupan dan ketentuan asuransi P&I, serta peran konsultan asuransi dalam mengelola risiko maritim. Hasil penelitian meliputi pengaturan asuransi P&I, pengelolaan klaim asuransi P&I, para pihak dalam klaim, dan evolusi regulasi berdasarkan kasus posisi penelitian. Penelitian ini memberikan panduan bagi pemangku kepentingan industri maritim dalam memanfaatkan asuransi P&I untuk melindungi risiko-risiko mereka. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan produk asuransi P&I yang lebih sesuai dengan dinamika industri maritim modern.
Kata Kunci: Asuransi Laut, Protection and Indemnity, Kapal, Tanggung Jawab Pihak Ketiga, P&I Club, Marine Insurance Act, Perusahaan Pelayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Doctor Program in Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:59
Last Modified: 04 Jan 2024 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19734

Actions (login required)

View Item View Item