Search for collections on Undip Repository

PENGATURAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH SEBAGAI UPAYA ANTISIPASI DALAM KENAIKAN SUKU BUNGA ACUAN DI INDONESIA_212 DG 2023

ADRIANSYAH, IRFAN MAULANA and Mahmudah, Siti and Widanarti, Herni (2023) PENGATURAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH SEBAGAI UPAYA ANTISIPASI DALAM KENAIKAN SUKU BUNGA ACUAN DI INDONESIA_212 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang salah satu fungsinya adalah memberikan kredit kepada nasabahnya. Fungsi pemberian kredit tersebut dilakukan sesuai dengan prosedural dan juga mekanisme yang ketat. Hal tersebut dilakukan agar bank tidak mengalami adanya debitor yang mengalami gagal bayar. Salah satu penyebab terjadinya kredit bermasalah ialah karena adanya fluktuatif nilai suku bunga acuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu menarik untuk meneliti dampak dari kenaikan suku bunga acuan yang yang berdampak pada pelaksanaan pemberian dan penanganan kredit bermasalah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian yuridis normatif dan menggunakan bahan hukum sekunder sebagai bahan hukumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari kenaikan suku bunga di Indonesia yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dengan berdasarkan pada BI Rate kepada penyaluran atau pemberian kredit ialah semakin ketat dan sulitnya bank dalam memberikan kredit kepada nasabah. Tidak hanya itu, debitor juga menjadi kesulitan membayar dan/atau melunasi karena suku bunga yang disepakati ialah suku bunga mengambang atau floating interest rate. Akibatnya adalah penyelesaian kredit dalam hal ini diupayakan dengan mengeksekusi jaminan yang diikat pada perjanjian tambahan pada saat debitor membuat perjanjian kredit dengan pihak bank. Bukan hanya itu saja, Bank dalam hal ini harus bertindak cepat dalam melakukan penilaian debitor yang memiliki kemungkinan gagal bayar dalam pelaksanaan pembayaran dan penyelesaian kredit bermasalah.
Kata Kunci: Suku Bunga Acuan, Kredit Bermasalah, Bank

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:23
Last Modified: 04 Jan 2024 01:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item