Search for collections on Undip Repository

KEABSAHAN DOKTRIN RECHTSVERWERKING (PELEPASAN HAK) PADA SAAT KLAIM ASURANSI DI LUAR MASA PERTANGGUNGAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR: 472/Pdt.G/2017/PN. Jkt.Pst.)_211 DG 2023

RAFAEL, CHRISTIAN HAGAI and Mahmudah, Siti and Prasetyo, Agung Basuki (2023) KEABSAHAN DOKTRIN RECHTSVERWERKING (PELEPASAN HAK) PADA SAAT KLAIM ASURANSI DI LUAR MASA PERTANGGUNGAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR: 472/Pdt.G/2017/PN. Jkt.Pst.)_211 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Doktrin rechtsverwerking (pelepasan hak) merupakan peristiwa dimana seseorang merelakan haknya, doktrin ini dapat timbul pada perjanjian, salah satunya perjanjian asuransi. Klaim asuransi adalah proses penting dalam industri asuransi yang melibatkan pengajuan ganti rugi atas kerugian atau kejadian tak terduga yang tertanggung alami. Penelitian ini mengeksplorasi peran klaim asuransi dalam konteks perlindungan finansial dan stabilitas ekonomi individu atau perusahaan. Klaim asuransi biasanya dilakukan saat tertanggung asuransi memenuhi kewajibannya pembayaran premi (dalam masa tanggungan). Beberapa kasus klaim asuransi ada yang dilakukan di luar masa pertanggungan akibat adanya suatu hal, seperti doktrin rechtsverwerking (pelepasan hak) yang digambarkan pada putusan No. 472/Pdt.G/2017/PN Jkt.Pst. Fokus utama adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan klaim, termasuk Metode analisis data meliputi studi literatur dan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan klaim di luar masa pertanggungan karena adanya doktrin rechtsverwerking (pelepasan hak). Hasilnya menggarisbawahi pentingnya kesepakatan antara penanggung asuransi dan pemegang polis dalam memastikan klausul pembayaran premi dan prosedur klaim yang adil.
Kata Kunci : Asuransi, Klaim Asuransi, Doktrin Rechtsverwerking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:20
Last Modified: 04 Jan 2024 01:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19692

Actions (login required)

View Item View Item