Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN MUSLIM TERHADAP MASAKAN KAMBING YANG TIDAK BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Rumah Makan Sate dan Sop Kambing Talang Bogor)_ 213 Dagang 2023

AMRULLAH, IMRON and Santoso, Budi and Njatrijani, Rinitami (2023) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN MUSLIM TERHADAP MASAKAN KAMBING YANG TIDAK BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Rumah Makan Sate dan Sop Kambing Talang Bogor)_ 213 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Imron Amrullah_abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Imron Amrullah_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Imron Amrullah_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Imron Amrullah_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Imron Amrullah_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Imron Amrullah_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Imron Amrullah_dapus.pdf

Download (256kB)

Abstract

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam sudah seharusnya mendapat perlindungan hukum terhadap kehalalan makanan karena mengonsumsi produk halal adalah suatu kewajiban. Secara umum halal tidak hanya terbatas pada
barangnya, tetapi juga bagaimana cara memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyajikan produk tersebut. Hal ini terkait erat dengan sertifikasi halal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen muslim terhadap masakan olahan kambing yang tidak bersertifikat halal serta upaya yang dilakukan oleh rumah makan sate dan sop kambing Talang Bogor dalam menjamin kehalalan masakan olahan kambing yang mereka jual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian yang di dapat yaitu perlindungan hukum bagi konsumen muslim terhadap masakan olahan kambing yang tidak bersertifikat halal diberikan melalui suatu upaya sertifikasi dan labelisasi halal itu sendiri serta pemberian sanksi yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Sementara itu, rumah makan sate dan sop kambing Talang Bogor dapat menjamin kehalalan masakan olahan kambing yang mereka jual meskipun tidak memiliki sertifikat halal karena dalam proses penyembelihan kambing hingga penyajiannya telah sesuai dengan ketentuan proses produk halal.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen Muslim, Sertifikasi Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen Muslim, Sertifikasi Halal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Jan 2024 09:12
Last Modified: 05 Jan 2024 09:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item