Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Aktivitas In Vitro Tablet Acarbose Generik Berlogo dan Bermerek Dagang Melalui Penghambatan Enzim α-Glukosidase

Husnayaini, Izzatul and Wulandari, Fitri and Prabhata, Wimzy Rizqy (2023) Perbedaan Aktivitas In Vitro Tablet Acarbose Generik Berlogo dan Bermerek Dagang Melalui Penghambatan Enzim α-Glukosidase. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
Izzatul Husnayaini-22010319140075-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (116kB)

Abstract

Latar Belakang: Acarbose merupakan obat antidiabetes yang dijual dengan dua jenis generik, yaitu generik berlogo dan bermerek dagang. Biaya penanganan diabetes semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga penggunaan generik berlogo yang harganya lebih murah diharapkan dapat dimaksimalkan. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa harga menentukan kualitas. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai aktivitas tablet acarbose generik berlogo dan bermerek dagang secara in vitro.

Tujuan: Mengetahui apakah terdapat perbedaan kadar pada tablet acarbose generik berlogo dan bermerek dagang, serta mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas in vitro penghambatan enzim α-glukosidase pada tablet acarbose generik berlogo dan bermerek dagang.

Metode: Penelitian merupakan jenis penelitian eksperimental dengan menguji kadar obat dalam tablet dan aktivitas in vitro antara acarbose generik berlogo dan bermerek dagang melalui penghambatan enzim α-glukosidase. Sampel yang diuji adalah 2 produk acarbose generik berlogo dan 1 produk bermerek dagang. Perhitungan statistik dilakukan menggunakan uji ANOVA.

Hasil: Kadar acarbose pada ketiga tablet uji tidak memiliki perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai sig > 0,05. Nilai % inhibisi enzim α-glukosidase tablet acarbose generik berlogo dan bermerek dagang tidak berbeda signifikan ditunjukkan dengan p-value > 0,05.

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara acarbose generik berlogo dan bermerek dagang dalam menghambat enzim α-glukosidase.

Kata Kunci: acarbose, alfa glukosidase, generik, in vitro, perbedaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: acarbose, alfa glukosidase, generik, in vitro, perbedaan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:22
Last Modified: 05 Jan 2024 01:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19677

Actions (login required)

View Item View Item