Search for collections on Undip Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PAJAK HOTEL KOTA SEMARANG DAN KUNJUNGAN WISATAWAN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNGNYA

Raihanantya, Aldi (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PAJAK HOTEL KOTA SEMARANG DAN KUNJUNGAN WISATAWAN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNGNYA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_AP_Aldi Raihanantya Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
S_AP_Aldi Raihanantya BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
S_AP_Aldi Raihanantya Dapus.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pajak Hotel Kota
Semarang dalam periode waktu tahun 2017 – 2022. Penelitian ini juga memberikan
pandangan mengenai peran kunjungan wisatawan untuk meningkatakan Pajak
Hotel, serta upaya dan hambatan yang terjadi dalam meningkatkan Pajak Hotel.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan
melakukan wawancara kepada Badan Pendapatan Daerah Semarang dan data
sekunder yaitu berupa arsip dan dokumen resmi yang dimiliki Badan Pendapatan
Daerah Semarang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Badan Pusat Statistik
Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata - rata efektivitas Pajak Hotel di
Kota Semarang tahun 2017 – 2022 sudah Cukup Efektif, dengan rasio efektivitas
sebesar 83%. Realisasi Pajak Hotel tahun 2017 – 2019 selalu meningkat, namun
tahun 2020 dan 2021 terjadi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi penurunan dan
kegagalan pemenuhan target yang sudah ditentukan. Tahun 2022, realisasi Pajak
Hotel naik kembali dan berhasil memenuhi targetnya. Dalam hal ini wisatawan
memiliki peran secara tidak langsung terhadap realisasi Pajak Hotel, karena ketika
jumlah wisatawan menurun yang disebabkan pandemi Covid-19, realisasi Pajak
Hotelnya juga ikut menurun. Wisatawan yang memiliki peran terhadap penerimaan
Pajak Hotel adalah wisatawan yang menjadi tamu hotel. BAPENDA melakukan
beberapa upaya untuk meningkatkan penerimaan Pajak Hotel, seperti sosialisasi
kepada Wajib Pajak, pengoptimalan pendataan, bersinergi dengan beberapa pihak,
dan modernisasi sistem perpajakan dengan alat E-Tax atau Tapping Box. Dalam
meningkatkan Pajak Hotel juga tidak luput dari hambatan yang terjadi, hambatan
tersebut adalah kurangnya pemahaman Wajib Pajak mengenai Pajak Hotel dan
turunnya jumlah kunjungan wisatawan mempengaruhi penerimaan Pajak Hotel.
Kata Kunci : Efektivitas, Pajak, Hotel, Kunjungan, Wisatawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Pajak, Hotel, Kunjungan, Wisatawan
Subjects: Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:45
Last Modified: 02 Jan 2024 02:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item