Search for collections on Undip Repository

Ekstrak Daun Suji sebagai Pengawet Alami pada Nasi: Tinjauan Jumlah dan Jenis Kuman serta Uji Organoleptik

Hanifah, Nida Ul and Kristina, Tri Nur and Antari, Arlita Leniseptaria and Lestari, Endang Sri (2024) Ekstrak Daun Suji sebagai Pengawet Alami pada Nasi: Tinjauan Jumlah dan Jenis Kuman serta Uji Organoleptik. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI-NIDA UL HANIFAH)
ABSTRAK-KTI-NIDA UL HANIFAH.pdf

Download (242kB)

Abstract

Latar belakang: Nasi merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Pemrosesan beras dan cara penyimpanan nasi memungkinkan kontaminasi dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan gejala keracunan makanan. Daun suji dengan kandungan senyawa insektisida, antimikroba, dan antioksidan berpotensi untuk memperpanjang daya simpan makanan dengan menghambat oksidasi dan membunuh mikroorganisme perusak makanan.
Tujuan: Menguji efektivitas ekstrak daun suji sebagai pengawet alami pada nasi ditinjau dari jumlah dan jenis kuman serta uji organoleptik.
Metode: Penelitian menggunakan metode true experimental laboratorium dengan post-test only with control group dengan pengulangan sebanyak 5 kali. Perlakuan dilakukan dengan penambahan ekstrak daun suji pada nasi, sedangkan kelompok kontrol negatif tidak diberi ekstrak. Pemeriksaan jumlah dan jenis kuman serta uji organoleptik dilakukan setelah 2 jam, 4 jam, dan 6 jam pembiaran nasi pada suhu ruangan. Uji parametrik dilakukan untuk menilai jumlah kuman, sedangkan jenis kuman dan organoleptik menggunakan uji nonparametrik.
Hasil: Seiring dengan peningkatan nilai konsentrasi ekstrak daun suji pada nasi, jumlah kuman yang ditemukan semakin sedikit (P=0,00). Jenis kuman yang didapat seluruhnya berupa kuman bentuk batang gram negatif. Penambahan ekstrak daun suji dengan berbagai konsentrasi memunculkan warna hijau yang beragam pada nasi dengan beberapa nilai skala hijau kecoklatan. Nilai dominansi skala organoleptik bau dan konsistensi nasi dengan penambahan ekstrak sama dengan nasi kontrol yaitu bau nasi normal dan konsistensi nasi pulen.
Kesimpulan: Penambahan ekstrak daun suji dapat mengawetkan nasi ditinjau dari jumlah kontaminasi kuman yang lebih sedikit dengan konsentrasi optimal 50%. Akan tetapi, penambahan ekstrak tidak menunjukkan berkurangnya ragam kuman yang didapat. Penambahan ekstrak daun suji dengan berbagai konsentrasi memunculkan warna hijau yang beragam pada nasi dengan bau nasi normal dan konsistensi nasi pulen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daun suji, Nasi, Jumlah kuman, Jenis kuman, Organoleptik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:19
Last Modified: 02 Jan 2024 01:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item View Item