Search for collections on Undip Repository

KORELASI DERAJAT KEPARAHAN RINOSINUSITIS KRONIK BERDASARKAN LUNDMACKAY SCORE (LMS) DENGAN GLOBAL OSTEITIS SCORE (GOS) DAN KENNEDY OSTEITIS SCORE (KOS)

Israchmadi, Ardiga and Baskoro, Nurdopo and Ningrum, Farah Hendara and Dewi, Anna Mailasari Kusuma (2023) KORELASI DERAJAT KEPARAHAN RINOSINUSITIS KRONIK BERDASARKAN LUNDMACKAY SCORE (LMS) DENGAN GLOBAL OSTEITIS SCORE (GOS) DAN KENNEDY OSTEITIS SCORE (KOS). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (ABSTRAK-THESIS)
ABSTRAK - THESIS.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar belakang: Kasus gangguan Rinosinusitis Kronis (RSK) meningkat tiap tahun, karena terdapat peradangan pada lapisan mukoperiosteum hidung serta sinus paranasal.yang berlangsung dalam waktu diatas 12 minggu. Pemeriksaan RSK dengan Computerized Tomography Scan (CT scan) SPN tanpa kontras dengan metode Lund Mackay Score (LMS) untuk interpretasi derajat sinusitis paranasal. Penelitian lanjut dibutuhkan dengan melihat keterlibatan penebalan tulang serta remodeling pada RSK dan sinus paranasal dibuktikan dengan menggunakan CT Scan SPN tanpa kontras dengan metode GLOBAL OSTEITIS SCORE (GOS) dan KENNEDY OSTEITIS SCORE (KOS) dibandingkan untuk menganalisis korelasi antara derajat keparahan osteitis yang lebih efektif.
Tujuan: Membuktikan korelasi antara derajat keparahan RSK berdasarkan LMS terhadap osteoitis dengan menggunakan GOS dan LMS terhadap osteoitis dengan menggunakan KOS
Metode: Penelitian retrospektif dengan metode penelitian belah lintang (crss-sectional) pada pasien terkonfirmasi RSK dengan pemeriksaan CT Scan SPN tanpa kontras di RSUP dr. Kariadi Semarang, yang telah memenuhi standar inklusi pada pasien RSK yang melibatkan subjek sebanyak 63 dengan diagnosis RSK. Data uji analisa menggunakan uji Spearman.
Hasil: Korelasi signifikan antara LMS dengan GOS memiliki tendensi positif dengan nilai r = 0.951 yang memiliki korelasi yang kuat antara (> 0,70) dibandingkan antara LMS dengan KOS yang memiliki tendensi positif dengan nilai r= 0.452 korelasi yang sedang (0,40-0,70).
Simpulan : RSK dengan metode LMS kurang maksimal untuk terapi selanjutnya, osteitis berhubungan dengan kekambuhan serta melihat ketebalan tulang sehingga perlu dilakukan perhitungan dengan membandingkan antara GOS dan KOS
Kata kunci: RSK, Lund-Mackay CT Score, Global Osteitis Score, Kennedy Osteitis Score

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: RSK, Lund-Mackay CT Score, Global Osteitis Score, Kennedy Osteitis Score
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Jan 2024 12:02
Last Modified: 05 Jan 2024 12:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item View Item