Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERAN BADAN KESBANGPOL JAWA TENGAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KONTRA RADIKALISASI UNTUK KALANGAN PEMUDA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2022

Tsabit Shiddiq Sasangka, Naufal (2023) ANALISIS PERAN BADAN KESBANGPOL JAWA TENGAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KONTRA RADIKALISASI UNTUK KALANGAN PEMUDA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (510kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (262kB)

Abstract

Bahaya radikalisme menjadi suatu permasalahan genting bagi masyarakat Indonesia. Pencegahan terhadap paham radikalisme harus dilakukan secara bersama tidak hanya oleh pihak pemerintah ataupun yang berwajib, tetapi juga masyarakat di dalamnya. Dalam menghadapi bahaya radikalisme, pemerintah sudah menerapkan peraturan ataupun kebijakan yang dapat mencegah dan menanggulangi bahaya Radikalisme yakni dengan Perpres No. 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme (Pepres RAN-PE) Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme tahun 2020-2024.
Badan yang bertugas untuk mencegah dan menanggulangi bahaya radikalisme serta ekstremisme adalah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah. Adanya lembaga pemerintah serta kebijakan yang dikeluarkannya dalam menanggulangi radikalisme harus dilaksanakan serta diimbangi dengan program-program yang tepat sasaran kepada masyarakat. Salah satu program ini yakni Kontra Radikalisasi yang ditujukan untuk setiap kalangan masyarakat dari berbagai tingkatan usia, terutama kalangan muda ataupun pemuda-pemudi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam melakukan penelitian dengan lebihberfokus pada hasil wawancara serta temuan lapangan bersama pihak terkait serta komparasi dengan teori-teori yang digunakan. Hasil analisis dalam penelitian ini ditemukan bahwa Program Kontra Radikalisasi hanya dilaksanakan di waktu-waktu tertentu atau insidental dengan jumlah yang peserta yang sedikit sehingga dapat disimpulkan bahwa peran Badan Kesbangpol Jateng dalam melaksanakan Program Kontra Radikalisasi untuk kalangan pemuda di Provinsi Jawa Tengah minim.

Kata Kunci: Peran Badan Kesbangpol, Program Kontra Radikalisasi, Pemuda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:47
Last Modified: 29 Dec 2023 06:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item View Item