Search for collections on Undip Repository

Hubungan Terpaan Iklan Game Online Mobile Legends dan Intensitas Mikrotransaksi dengan Tingkat Kecanduan Game Online pada Gamers Remaja

AL FARISI, MUHAMMAD SALMAN (2023) Hubungan Terpaan Iklan Game Online Mobile Legends dan Intensitas Mikrotransaksi dengan Tingkat Kecanduan Game Online pada Gamers Remaja. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (430kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (261kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (401kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (429kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (160kB)

Abstract

Mobile Legends merupakan salah satu game online paling populer di
Indonesia. Moonton selaku pihak developer yang berasal dari Shanghai China,
mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia pada 11 Juli 2016. Mobile Legends
berkembang dengan begitu cepat, jumlah pengguna setiap tahunnya selalu
mengalami peningkatan, terdapat sebanyak 80 juta pengguna setiap bulannya
sepanjang tahun 2022. Salah satu hal yang membuat Mobile Legends berkembang
begitu cepat ialah strategi beriklan yang dilakukan oleh Moonton. Di sisi lain, pada
tahun 2022 Moonton meraup keuntungan sebanyak 13,2 juta USD dari belanja
pemain, meningkat 1,5 persen dari tahun sebelumnya. Sekitar 35,8 persen
keuntungan di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Data tersebut menunjukkan
begitu masifnya pengguna melakukan aktivitas Mikrotransaksi. Maka dari itu,
penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Hubungan antara Terpaan Iklan
Mobile Legends dan Intensitas Mikrotransaksi dengan Tingkat Kecanduan Game
Online pada Gamers Remaja. Sampel yang ditetapkan berjumlah 100 responden
dengan kriteria usia 15-21 tahun yang aktif bermain Mobile Legends dan
berdomisili di Semarang. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling
dengan teknik pengambilan purposive sampling.
Penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi antara Terpaan Iklan
Mobile Legends terhadap tingkat kecanduan game online pada gamers remaja
sebesar 0.020. hasil tersebut dikatakan signifikan jika hasil yang didapatkan
memiliki nilai signifikansi <0.05 dan nilai koefisien korelasi Kendall Tau-B sebesar
0.190 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang sangat lemah
dan mengarah positif. Artinya, semakin tinggi gamers remaja terpapar paparan
iklan Mobile Legends, maka tingkat kecanduan game online pada gamers remaja
juga mengalami peningkatan. Kemudian, dalam uji korelasi hipotesis kedua,
terdapat hubungan positif antara Intensitas Mikrotransaksi terhadap tingkat
kecanduan game online pada gamers remaja menunjukkan nilai signifikansi sebesar
0.016. Hasil tersebut juga menunjukkan signifikan dan nilai koefisien korelasi
Kendall Tau-B sebesar 0.209 yang artinya kedua variabel tersebut memiliki
hubungan yang lemah dan mengarah positif. Artinya, jika aktivitas Mikrotransaksi
yang dilakukan oleh gamers remaja mengalami peningkatan, maka tingkat
kecanduan game online pada gamers remaja juga mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Terpaan Iklan, Mikrotransaksi, Kecanduan Game Online, Mobile
Legends

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:50
Last Modified: 28 Dec 2023 06:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item