Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOPING DAN ASUPAN ASAM FOLAT PADA PASIEN DEPRESI

Dewi, Amalia Andansari and Wardani, Natalia Dewi and Jusup, Innawati (2023) HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOPING DAN ASUPAN ASAM FOLAT PADA PASIEN DEPRESI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
Other (ABSTRAK-THESIS)
AMALIA ANDANSARI DEWI-22040518310003-TESIS-ABSTRAK.jpg

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Depresi adalah suatu gangguan jiwa yang ditandai dengan gangguan suasana perasaan yang menurun, berkurangnya energi menuju keadaan mudah lelah serta hilangnya minat dan kegembiraan. Pasien depresi sangat fokus pada emosi dan kebutuhan untuk meredakannya, dapat mengarah pada penggunaan strategi koping berfokus pada emosi yang disfungsional seperti psikopatologi gangguan makan dimana terdapat kecenderungan konsumsi makanan ringan asin dan peningkatan asupan camilan tinggi lemak/gula. Selain itu terdapat bukti yang menunjukkan bahwa asupan folat yang rendah dikaitkan dengan gejala depresi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 30 responden yang telah didiagnosis depresi dari beberapa RS di Semarang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Brief COPE untuk menilai strategi koping dan Food Frequency Questionnaire untuk menilai asupan asam folat.

Hasil: Pada penelitian ini, dari 30 responden didapatkan 25 (83,8%) subjek dengan strategi koping berfokus pada masalah dan 5 (16,7%) dengan strategi koping yang berfokus pada emosi. Adapun subjek dengan strategi koping berfokus pada masalah dengan asupan asam folat cukup adalah 5 (19,23%) dengan yang asupan asam folat kurang adalah 21 (80,77%). Sedangkan jumlah subjek dengan strategi koping berfokus pada emosi dengan asupan asam folat cukup sejumlah 1 (20%), sisanya yang jumlah asupan asam folatnya kurang sejumlah 4 (80%). Pada uji korelasi Mann Whitney antara strategi koping dengan asupan asam folat didapatkan nilai p 0,388 (>0,05).

Diskusi: Dari hasil analisis data tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara strategi koping dengan asupan asam folat.

Kesimpulan: Strategi koping tidak menentukan jumlah asupan asam folat pada pasien depresi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi koping, asupan asam folat, depresi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:23
Last Modified: 04 Jan 2024 01:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item