Amansyah, Denny (2023) ANALISIS PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENUJU PILPRES 2024. Masters thesis, Master Program In Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan media sosial dalam membangun Personal Branding, Kemenangan Jokowi dan Ahok di Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012 telah menandai satu babak penting dalam perkembangan marketing politik di Indonesia. Penggunaan media sosial memberikan pengaruh yang besar dalam kemenangan tersebut. Dalam media baru pada saat ini penting bagi aktor politik untuk menggunakan media sosial sebagai alat membangun branding. Dalam hal ini terdapat salah satu aktor politik yang cukup aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikann program, membangun komunikasi serta brandingnya menuju Pemilihan Presiden tahun 2024 ialah Ganjar Pranowo. Pemilihan twitter sebagai subjek penelitian karena Twitter dianggap salah satu alat yang mampu untuk Twitter digunakan untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap situasi politik atau sebuah kandidat politik yang potensial bagi masyarakat. Hingga saat ini, tidak hanya negara AS namun setiap negara di dunia telah menggunakan aplikasi Twitter dalam berdiskusi dan menuliskan pendapatnya, tidak jarang ada pertikaian pula di dalam beberapa cuitan yang mengandung unsur politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan capture cuitan Ganjar Pranowo di Twitter. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam era digital yang terus berkembang, penting menggunakan media sosial sebagai alat membangun citra dan personal branding dalam politik. Ganjar Pranowo sukses menggunakan media sosial Twitter sebagai alat efektif untuk membangun personal branding. Ganjar kerap menghadirkan konten terkait program politik serta kepribadiannya yang membuat strategi ini berhasil menciptakan stigma bahwa Ganjar merupakan figur yang kompeten serta dekat dengan masyarakat. Ganjar berhasil membangun branding yang baik dengan menerapkan konsep kepemimpinan, spesialisasi, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan serta nama baik. Personal branding yang dilakukan oleh Ganjar dianggap efektif sehingga membuat dirinya dideklarasikan menjadi capres tahun 2024 dari Partai PDIP.
Kata Kunci: Personal Branding, Marketing Politik, Analisis Konten.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science |
Depositing User: | Users 223 not found. |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:29 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19507 |
Actions (login required)
View Item |