Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ADUAN DAN ASPIRASI PUBLIK MELALUI (SP4N LAPOR) DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI KABUPATEN KENDAL

Pradyansyach, Nito (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ADUAN DAN ASPIRASI PUBLIK MELALUI (SP4N LAPOR) DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

SP4N LAPOR merupakan layanan integrasi aduan digital yang
dikoordinasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. Layanan tersebut diciptakan untuk menghasilkan pengelolaan aduan
masyarakat yang komunal. Penerapan SP4N LAPOR di Kabupaten Kendal
mengakibatkan adanya perubahan mekanisme dan pelaksana pengelola aduan di
Kabupaten Kendal. Sejak mengalami pengembangan pada tahun 2021, SP4N
LAPOR secara teknis menghapus tatanan unit pengelola aduan (UP4). SP4N
LAPOR merubah pelaksanaan pengelolaan aduan dan aspirasi masyarakat di
wilayah Kabupaten Kendal. Selain itu, pemerintah masih sempat mengalami
fluktuasi dalam mengenalkan layanan serta lebih dari 700 aduan sejak awal
penerapan belum merambah menggunakan SP4N LAPOR.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
wujud good governance melalui pengelolaan aduan dan aspirasi publik SP4N
LAPOR di Kabupaten Kendal, dan memberikan hasil apakah implementasi telah
berjalan dengan baik atau belum serta mengetahui faktor penghambatnya. Metode
yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan situs penelitian
di Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Kendal serta wawancra dengan
Bidang Informasi dan Komunikasi Publik serta masyarakat pengguna layanan.
Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Kendal telah
mengimplementasikan adanya good governance melalui SP4N LAPOR yang
berjalan cukup baik antara pemerintah dengan masyarakat di Kabupaten Kendal.
Namun, terdapat penghambat dan kendala dalam implementasi tersebut seperti
sosialisasi yang kurang masif dan menyasar seluruh masyarakat, keterbatasan
anggaran dan kurang responsifnya beberapa admin OPD sehingga menyebabkan
laporan aduan dan aspirasi masyarakat belum secara menyeluruh terkelola dan hasil
penanganan aduan fluktuatif serta banyak masyarakat yang belum mengetahui
SP4N LAPOR.
Saran penelitian ini terhadap pemerintah adalah perlu melakukan
pengawasan dan koordinasi rutin antar pelaksana, merespon aduan secara konsisten
dan jelas serta melakukan komunikasi kepada masyarakat secara lebih dekat
mengenai layanan SP4N LAPOR.
Kata kunci: SP4N LAPOR, Good Governance, Implementasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:19
Last Modified: 15 Jan 2024 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item