Search for collections on Undip Repository

Gambaran Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi

Meilia, Selvie Aryana (2023) Gambaran Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Halaman Depan - Abstrak.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Halaman Depan - Abstrak.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB I.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB II.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB III.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB IV.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB V.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB VI.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Daftar Pustaka.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Lampiran.pdf] Text
22020118130100-Selvie Aryana Meilia-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Stres merupakan reaksi spesifik yang timbul dalam tubuh dapat terjadi akibat berbagai faktor dari dalam maupun luar diri. Beban yang berat dapat menjadi penyebab seseorang mengalami stres. Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tugas akhir cenderung rentang mengalami stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor dari kondisi fisik, konflik, perilaku, lingkungan, masalah ekonomi dan keluarga mahasiswa Keperawatan tingkat akhir Universitas Diponegoro dalam penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survey. Screening data yang diperoleh 68 mahasiswa yang terindikasi stres mild. Analisis data dilakukan secara statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Perilaku yang berhubungan dengan stres mahasiswa cenderung memiliki perilaku tidak baik 35 (51,5%) mahasiswa, dan 33 (48,5%) mahasiswa memiliki prilaku baik. Faktor konflik berlandasarkan adanya konflik 38 (55,9%) sedangkan 30 (44,1%) mahasiswa tidak ada konflik. Faktor kondisi fisik banyak mahasiwa merasa fisiknya kurang baik 37 (54,4%) dan 31 (45,6%) mahasiswa fisiknya baik. Faktor lingkungan mahasiswa merasa lingkungannya baik 38 (55,9%) dan 30 (44,1%) mahasiswa merasa lingkungannya tidak baik. Faktor masalah ekonomi mahasiswa tidak stabil 37 (54,4%) dan 31 (45,6%) mahasiswa merasa ekonominya stabil, sedangkan faktor keluarga mahasiswa merasa adanya dukungan 37 (54,4%) dan 31 (45,6%) mahasiswa merasa kurang adanya dukungan. Keenam faktor tersebut yang paling berhubungan dengan stress mahasiswa berada pada perilaku tidak baik, adanya konflik, kondisi fisik tidak baik dan masalah ekonomi. Mahasiswa perlu meningkatkan pemahaman tentang metode penelitian, mencari sumber dan referensi yang relevan untuk tugas akhir, mengelola waktu secara efisien agar penyelesaian tepat waktu, serta mengenali faktor-faktor yang dapat menyebabkan stres dan mengantisipasinya.
Kata Kunci: Faktor; Mahasiswa; Stres; Tugas Akhir;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:50
Last Modified: 28 Dec 2023 04:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item