Search for collections on Undip Repository

Hubungan Monosit Limfosit Rasio dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Depresi

Rasyad, Ula Faza Nayli and Wardani, Natalia Dewi and Hadiati, Titis (2023) Hubungan Monosit Limfosit Rasio dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Depresi. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
Abstrak Tesis dr Ula Faza Nayli Rasyad PPDS Ilmu Keodkteran Jiwa.docx

Download (222kB)

Abstract

Latar Belakang : Depresi ditandai mood yang depresif, kurangnya minat pada aktivitas yang sebelumnya dinikmati, penurunan atau penambahan berat badan karena gangguan makan, insomnia atau hipersomnia, kelelahan, tidak berharga, sulit berkonsentrasi, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri. Koping merupakan upaya untuk mengatasi masalah. Strategi koping dapat berfokus pada masalah dan berfokus pada emosi. Rasio monosit-limfosit (MLR) merupakan penanda inflamasi kronik pada perifer dan lebih tinggi pada orang dengan depresi daripada pada orang sehat.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara rasio monosit-limfosit (MLR) dan mekanisme koping pada pasien depresi.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 46 orang, mereka merupakan pasien yang sudah didiagnosa depresi dari rekam medis. Data demografi didapatkan dari kuesioner. Mekanisme koping dinilai dengan kuesioner BriefCope.

Hasil: Dari 46 responden didapatkan 37 responden (80,4%) menggunakan mekanisme koping berfokus pada masalah dan 9 responden (19,6%) menggunakan mekanisme koping berfokus pada emosi. Usia dan mekanisme koping didapatkan nilai p=0,047, tingkat pendidikan dan mekanisme koping didapatkan nilai p=0,042, p<0,05 sehingga terdapat perbedaan bermakna antara usia dan tingkat pendidikan dengan mekanisme koping. Uji beda MLR dan mekanisme koping didapatkan nilai p=0,304, p>0,05 sehingga dapat disimpulkan jika tidak ada perbedaan bermakna antara MLR dengan mekanisme koping.

Kesimpulan : Sebagian besar responden menggunakan mekanisme koping yang berfokus pada masalah. Usia dan tingkat pendidikan memiliki perbedaan bermakna dengan mekanisme koping. Dari hasil analisis data tidak didapatkan perbedaan yang signifikan antara MLR dengan mekanisme koping pada pasien dengan depresi.

Kata kunci : MLR, mekanisme koping, depresi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MLR, mekanisme koping, depresi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:14
Last Modified: 28 Dec 2023 01:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item