Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN XYLO-OLIGOSACCHARIDES (XOS) DAN β-GLUCAN TERHADAP JUMLAH LACTOBACILLUS SPP DAN ROSEBURIA SPP, SCFA, SERTA INDEKS ATHEROGENIK

Elok Zahara, Iftita PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN XYLO-OLIGOSACCHARIDES (XOS) DAN β-GLUCAN TERHADAP JUMLAH LACTOBACILLUS SPP DAN ROSEBURIA SPP, SCFA, SERTA INDEKS ATHEROGENIK. Journal of Advanced Biotechnology and Experimental Therapeutics, 7 (1). ISSN 2616-4760

[img] Text
Abstrak_Iftita Elok Zahara.pdf

Download (165kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus tipe 2 dan obesitas mempengaruhi ketidakseimbangan jumlah microbiota (dysbiosis) yang dapat menyebabkan gangguan metabolism glukosa dengan menghambat Short Chain Fatty Acid (SCFA). Xylo-oligosaccharides dan β-glucan dapat memerbaiki komposisi microbiota usus dengan kemampuan prebiotik.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian XOS dan β-glucan terhadap jumlah Lactobacillus spp dan Roseburia spp, SCFA, indeks atherogenic pada tikus Wistar diabetes.
Metode: Studi randomized control- post-test only, tikus Wistar sebanyak 28 ekor dikategorikan menjadi 4 kelompok. Kelompok (K) kontrol. Kelompok (K-), (P1) dan (P2) diberikan pakan tinggi lemak selama 14 hari, diinjeksi STZ 45 mg/kg BB dan NA 110 mg/kg BB. Kelompok (P1) diberikan XOS dengan dosis 450mg /200 g BB. Kelompok (P2) diberikan β-glucan 450mg /200 g BB. Suplementasi diberikan selama 28 hari melalui sonde. Kadar glukosa darah diukur dengan metode GOD-PAP, Lactobacillus spp dan Roseburia spp dianalisis dengan RT-PCR. TG dianalisis dengan metode GPO-PAP, HDL dianalisis dengan metode presipitasi, SCFA diukur dengan metode GCMS. Data dianalisa dengan uji One Way Anova dan Kruskal Wallis.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan (p = 0.313) pada keempat kelompok jumlah Lactobacillus dan Roseburia setelah pemberian XOS. Pada kelompok P1 jumlah Lactobacillus lebih rendah dibandingkan dengan kontrol. Terdapat perbedaan bermakna pada SCFA serta indeks atherogenic setelah pemberian XOS. Terdapat perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan setelah pemberian β-glucan terhadap jumlah Lactobacillus dan Roseburia, SCFA dan indeks atherogenic.
Simpulan: Terdapat pengaruh pemberian XOS dan β-glucan SCFA serta indeks atherogenic. Terdapat pengaruh pemberian β-glucan terhadap jumlah Lactobacillus, Roseburia, dan tidak terdapat pengaruh pemberian XOS dengan jumlah Lactobacillus dan Roseburia.

Kata Kunci: Xylooligosaccharides, β-glucan, Lactobacillus, Roseburia, SCFA, Indeks atherogenic

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:39
Last Modified: 27 Dec 2023 06:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item