Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KUALITAS AIR (BOD, COD, KLORIN BEBAS, PH DAN TOTAL COLIFORM) SUNGAI DARI ALIRAN PEMBUANGAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG AREN DESA DALEMAN, KECAMATAN TULUNG, KABUPATEN KLATEN

RAKHMAWATI, ANISA’ (2023) ANALISIS KUALITAS AIR (BOD, COD, KLORIN BEBAS, PH DAN TOTAL COLIFORM) SUNGAI DARI ALIRAN PEMBUANGAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG AREN DESA DALEMAN, KECAMATAN TULUNG, KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANISA'.pdf - Published Version

Download (366kB)

Abstract

Perkembangan industri mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun. Produksi industri tepung kelapa di Dusun Bendo, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten mencapai 50 ton per hari. Sisa limbah cair produksi dibuang langsung ke badan sungai yang aliran pembuangannya berakhir di Sungai Bendo. Hal ini menyebabkan sungai menjadi keruh dan tercemar. Selain itu, limbah beracun juga dapat menyebabkan penyakit kulit. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air antara lain BOD, COD, klorin bebas, pH, dan Total Colifrom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (BOD, COD, klorin bebas, pH, dan Total Colifrom) air sungai Bendo kecamatan Tulung kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional. Sampel diambil di 5 stasiun dari hulu hingga hilir Sungai Bendo. Pengambilan sampel air di sungai ini menggunakan metode penangkapan air seketika atau Grab Sample yaitu pengambilan air langsung dari titik lokasi pengamatan dengan pengulangan sebanyak 2 kali pada saat tidak turun hujan selama 2 hari di lokasi tersebut. Hasil penelitian didapatkan indeks pencemaran pada Stasiun 1 pencemaran berat (8,20), Stasiun 2 pencemaran sedang (6,85), Stasiun 3 pencemaran berat (12,39), Stasiun 4 pencemaran berat (30,71), dan Stasiun 5 pencemaran sedang (7,07). Kasus kelainan kulit seperti pruritis sebanyak 44 kasus juga disebabkan oleh limbah produksi industri tepung sawit.

Kata kunci : air limbah, indeks pencemaran, sungai, pruritus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Dec 2023 05:57
Last Modified: 27 Dec 2023 05:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19443

Actions (login required)

View Item View Item