Mashpufah, Raina Nurvita (2023) PERAN TENAGA AHLI FASILITATOR PENANGANAN PENGADUAN CEPAT RESPON MASYARAKAT DI PROVINSI DKI JAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
HALAMAN COVER.pdf - Submitted Version Download (802kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (574kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (176kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (321kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Cepat Respon Masyarakat (CRM) merupakan kanal pengaduan milik Pemerintah
Provinsi DKI Jakarta yang didirikan pada tahun 2017 serta berhasil menyelesaikan
958.656 aduan masyarakat dengan presentase penyelesaian mencapai 98,9%.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Biro Pemerintahan menunjukan sikap yang
responsif melalui kehadiran Tenaga Ahli Fasilitator sebagai petugas penanganan
pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan faktor yang
mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan peran Tenaga Ahli Fasilitator. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran Tenaga Ahli Fasilitator dilihat
berdasarkan kewajiban, hak, dan perilaku yang diharapkan serta menggunakan teori
milik Jim Ife (1995) tentang fasilitator terdiri atas; Peran Keterampilan Fasilitatif,
Edukasional, Perwakilan, dan Teknis. Sedangkan faktor yang mempengaruhi
keberhasilan peran dilihat menggunakan teori milik Effendy (2008) meliputi faktor
internal berupa usia, pendidikan, ruang lingkup pekerjaan, dan motivasi sedangkan
faktor eksternal meliputi lingkungan sosial, fasilitas, dan media. Hasil penelitian
menunjukan Tenaga Ahli Fasilitator telah menjalankan kewajibannya dengan baik dan
berperilaku secara professional sementara hak Tenaga Ahli Fasilitator belum dipenuhi
secara keseluruhan. Peran Tenaga Ahli Fasilitator berjalan dengan baik dilihat
berdasarkan peran keterampilan fasilitatif, edukasional, perwakilan, dan teknis
meskipun tidak semua peran dijalankan oleh mereka. Faktor internal dan eksternal
secara keseluruhan mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan peran Tenaga Ahli
Fasilitator meskipun pada aspek fasilitas dan media kerja masih terdapat keterbatasan.
Terdapat temuan berupa faktor lainnya yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan
peran Tenaga Ahli Fasilitator, terdiri atas: pengalaman yang dimiliki dalam bidang
pelayanan publik, fasilitas tambahan berupa luangan khusus yang dilengkapi perangkat
digital dan seragam bagi Tenaga Ahli Fasilitator, serta kejelasan regulasi yang
digunakan sebagai pedoman acuan dalam memvalidasi tindak lanjut aduan masyarakat.
Kata Kunci: peran, fasilitator, pengaduan, Cepat Respon Masyarakat
NOMOR: 163PUBLIK2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 04:28 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19439 |
Actions (login required)
View Item |