Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN DADIH TERHADAP SERUM FERITIN DAN KADAR HEMOGLOBIN UNTUK PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA REMAJA PUTRI SEHAT USIA 12-15 TAHUN

Budiyatri, Rena (2024) PENGARUH PEMBERIAN DADIH TERHADAP SERUM FERITIN DAN KADAR HEMOGLOBIN UNTUK PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA REMAJA PUTRI SEHAT USIA 12-15 TAHUN. Jurnal AcTion (Aceh Nutrition Journal), 9 (1). ISSN 2527-3310

[img] Text
ABSTRAK rena budiyatri.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja putri termasuk kelompok yang berisiko mengalami anemia defisiensi besi. Dadih merupakan pangan fungsional bernilai gizi tinggi, mengandung zat besi, serta probiotik sehingga dapat dijadikan salah satu strategi mencegah terjadinya anemia defisiensi besi yang dapat dilihat dari parameter serum feritin dan kadar hemoglobin.
Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian dadih terhadap serum feritin dan kadar hemoglobin untuk mencegah anemia defisiensi besi pada remaja putri sehat usia 12-15 tahun.
Metode: Penelitian ini menggunakan randomized controlled trial pre-posttest group design yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pada kedua kelompok ini dilakukan pengukuran serum feritin d
an kadar hemoglobin sebelum dan sesudah diberikan perlakuan selama 14 hari. Kelompok intervensi diberikan dadih sebanyak 100 g dengan frekuensi 1x sehari sedangkan kelompok kontrol diberikan placebo. Analisis statistik menggunakan Software Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24.0 for Windows.
Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan kadar hemoglobin sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kedua kelompok. Terdapat penurunan kadar hemoglobin sesudah diberikan perlakuan tetapi tetap dalam kadar normal. Tidak terdapat perbedaan kadar feritin serum sebelum dan sesudah perlakuan pada kedua kelompok. Meskipun tidak ada pengaruh tetapi pemberian dadih memberikan manfaat pada kesehatan saluran cerna.
Simpulan: Pemberian dadih secara independen sebanyak 100 g untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi masih perlu dipertimbangkan.

Kata kunci : dadih, kadar hemoglobin, serum feritin, anemia defisiensi besi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:36
Last Modified: 27 Dec 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item