Search for collections on Undip Repository

Analisis Zat Gizi, Tingkat Kesukaan, Indeks Glikemik Dan Pengaruh Intervensi Kukis Mangpis Terhadap Kadar Gula Darah Dan Resistensi Insulin Pada Subjek Obesitas

Nawai, Fatmyanti Analisis Zat Gizi, Tingkat Kesukaan, Indeks Glikemik Dan Pengaruh Intervensi Kukis Mangpis Terhadap Kadar Gula Darah Dan Resistensi Insulin Pada Subjek Obesitas. -. (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK indo dan inggris.pdf

Download (35kB)

Abstract

Latar belakang : Serat pangan dan pati resisten ditemukan dalam tepung mangrove dan pisang. Perpaduan kedua tepung tersebut diharapkan dapat menghasilkan kukis yang berefek pada peningkatan metabolisme subjek obesitas.
Tujuan : Menganalisis zat gizi, tingkat kesukaan dan indeks glikemik kukis tepung mangrove dan pisang (mangpis) untuk meningkatkan metabolisme pada subjek obesitas.
Metode : Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap 1 analisis zat gizi dianalisis menggunakan uji one way anova. Tingkat kesukaan menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dengan 2 kali pengulangan yang dianalisis dengan uji kruskal walis pada 50 panelis. Tahap 2 uji indeks glikemik menggunakan complete randomized design pada 10 orang subjek sehat. Tahap 3 intervensi kukis menggunakan pre post randomized control group design terhadap kadar gula darah dan resistensi insulin pada 30 orang subjek obesitas yang dianalisis dengan uji t tidak berpasangan dan mann whitney.

Hasil : Tahap 1 analisis zat gizi menunjukkan bahwa kadar air (8,27%), serat baik serat pangan (9,06%) dan serat kasar (7,64%) serta pati resisten (8,11%) tertinggi ada pada F1, kadar abu (2,22%) tertinggi ada pada F3, protein (9,61%), energy (454,18%), dan karbohidrat (61.,57%) tertinggi ada pada F0 dan lemak (19,64%) tertinggi ada pada F2. Tahap 2 uji tingkat kesukaan kukis terpilih adalah F2 mempunyai indeks glikemik dengan kategori sedang dan beban glikemik kategori rendah. Tahap 3 intervensi kukis mangpis selama 28 hari tidak memberikan pengaruh terhadap kadar gula darah (sebelum intervensi 0,495 dan sesudah intervensi 0,818) dan insulin puasa (sebelum intervensi 0,542 dan sesudah intervensi 0,388).

Simpulan : Kukis mangpis termasuk kukis kaya serat dan tinggi pati resiten dengan indeks glikemik sedang tetapi konsumsi kukis dengan 15% pati resisten tidak memberikan pengaruh terhadap kadar gula darah dan resistensi insulin.

Kata Kunci : Tepung Mangrove, Tingkat kesukaan, Indeks Glikemik, Resistensi Insulin

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:05
Last Modified: 27 Dec 2023 02:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item