Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA KLINIS (SADANIS) PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS LENGKONG WETAN KOTA TANGERANG SELATAN

NURSIAMITA, AGIL (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA KLINIS (SADANIS) PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS LENGKONG WETAN KOTA TANGERANG SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AGIL.pdf - Published Version

Download (435kB)

Abstract

Pemeriksaan Payudara Klinis merupakan program pemerintah yang bertujuan mendeteksi dini kanker payudara. Deteksi Dini kanker payudara payudara SADANIS di Banten masih rendah yaitu 5,61%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku wanita usia subur dalam perilaku Pemeriksaan payudara Klinis di Puskesmas Lengkong Wetan Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia subur berusia 15-49 tahun di wilayah kerja Puskesmas Lengkong Wetan. Besar Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 wanita usia subur yang dipilih menggunakan metode probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket. Hasil Penelitian ini berdasarkan uji chi-square, diketahui tidak terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,131, tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,608, terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,000, terdapat ketersediaan tenaga kesehatan dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,003, terdapat hubungan keterpaparan informasi dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,003, dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan perilaku SADANIS dengan p-value 0,001. Perilaku Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Lengkong Wetan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, ketersediaan tenaga kesehatan , keterpaparan informasi, dan dukungan keluarga.

Kata Kunci: SADANIS, Kanker Payudara, Wanita Usia Subur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:14
Last Modified: 27 Dec 2023 01:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item