SULISTIYANI, Dini (2023) SPIRITUALITAS BUDDHIS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12030118130174.pdf - Published Version Download (215kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)_12030118130174.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___1203018130174.pdf - Published Version Download (298kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12030118130174.pdf - Published Version Download (262kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12030118130174.pdf - Published Version Download (250kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12030118130174.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Spiritualitas Buddhis dalam Pengambilan Keputusan
untuk Menentukan Harga Jual” ini bertujuan untuk mengetahui peran spiritualitas
buddhisme dalam pengambilan keputusan oleh pelaku usaha untuk menentukan harga
jual produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk
memberikan gambaran atau deskripsi tentang peran spriritualitas buddhis pada pelaku
usaha. Data dikumpulkan melalui wawancara secara mendalam kepada empat orang
pelaku usaha yang beragama buddha atau mendalami agama buddha dan empat orang
pembeli sebagai informan pendukung untuk melengkapi data penelitian. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dan dilakukan reduksi sehingga diperoleh data yang
diperlukan untuk disajikan. Temuan dari praktik penentuan harga jual disajikan melalui
perspektif buddhisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penentuan harga
jual oleh pelaku usaha yang beragama buddha terdapat nilai-nilai non-materi di
dalamnya yaitu nilai moralitas (sila) dan nilai cinta kasih (metta). Selain itu terdapat
nilai-nilai lain yang turut berperan dalam kegiatan bisnis oleh pelaku usaha. Kegiatan
usaha yang dilakukan oleh para informan tidak semata-mata bertujuan untuk mencari
keuntungan, tapi juga untuk menjalin hubungan yang baik dan saling mengasihi antar
sesama manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | spiritualitas, harga jual, Buddhisme |
Subjects: | Economics and Business > Accounting Economics and Business |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 09:08 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |