Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DAYA TARIK PENGGUNAAN MEME DAN DAYA TARIK KONTEN INFORMATIF PADA INSTAGRAM NETFLIX INDONESIA (@NETFLIXID) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN VIDEO ON DEMAND NETFLIX

Ariefah, Iffah Shofiyah (2022) PENGARUH DAYA TARIK PENGGUNAAN MEME DAN DAYA TARIK KONTEN INFORMATIF PADA INSTAGRAM NETFLIX INDONESIA (@NETFLIXID) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN VIDEO ON DEMAND NETFLIX. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (506kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (652kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (402kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (264kB)

Abstract

Netflix merupakan perusahaan SVOD pertama yang melebarkan sayapnya
di pasar Indonesia. Namun saat ini peringkat Netflix mengalami naik turun sejak
Q4 2019 hingga 2022. Pada tahun 2022 Netflix mengalami penurunan yang jauh
drastis dibanding tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Netflix Indonesia
melancarkan strategi pemasarannya, salah satunya melalui konten media sosial
khususnya Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya
tarik penggunaan meme dan daya tarik konten informatif pada Instagram Netflix
Indonesia (@netflixid) terhadap keputusan pembelian layanan video on demand
Netflix. Penelitian ini menggunakan Attribution Theory, dengan sampel penelitian
berjumlah 100 responden dengan karakteristik perempuan dan laki-laki, berusia 1836

tahun yang mengikuti atau memfollow akun Instagram Netflix Indonesia
(@netflixid), dan aware akan postingan Instagram Netflix Indonesia. Pengujian dan
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian uji f menunjukkan bahwa daya tarik penggunaan meme
(X1
) dan daya tarik konten informatif (X2
) pada Instagram Netflix Indonesia
(@netlfixid) berpengaruh terhadap keputusan pembelian layanan video on demand
Netflix (Y), hal ini selaras dengan Attribution theory yang menjelaskan bagaimana
persepsi individu terhadap suatu stimulus dapat mempengaruhi tindakannya.
Namun demikian besar pengaruh yang diberikan adalah 14,2% dimana data ini
berarti ada kemungkinan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan
pembelian layanan video on demand Netflix. Lebih lanjut hal ini dikuatkan dengan
hasil uji T yang menunjukkan bahwa jika uji variabel tunggal yakni penggunaan
daya tarik pada Instagram Netflix Indonesia terhadap keputusan pembelian layanan
video on demand Netflix ternyata tidak ada pengaruhnya. Sementara untuk variabel
daya tarik konten informatif terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian
layanan video on demand Netflix. Berdasarkan hasil penelitian, Netflix Indonesia
dapat terus mengoptimalkan produksi konten informatifnya, dan untuk penelitia
selanjutnya dapat menguji variabel-variabel lain yang diasumsikan dapat
mempengaruhi keputusan pembelian layanan video on demand Netflix.
Keyword: Daya tarik penggunaan Meme, Daya tarik konten informatif, Keputusan Pembelian
NOMOR: 121KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:36
Last Modified: 22 Dec 2023 08:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item View Item