Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TINGKAT KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG

HAQ, RONA ARINAL (2022) PENGARUH TINGKAT KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (374kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (295kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (40kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (402kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (74kB)

Abstract

Sebanyak sepuluh rumah sakit yang berada di Kota Semarang diduga
menelantarkan pasien pengguna BPJS Kesehatan. Survei awal dilakukan guna
mendapatkan data dukung. Melakukan wawancara dengan menggunakan lembar
kuesioner kepada 30 pasien BPJS Kesehatan yang pernah atau sedang menerima
pelayanan rumah sakit. Ditemukan kasus tiga pasien BPJS Kesehatan yang pernah
ditolak oleh rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Tingkat
Kompetensi Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan
terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah interpersonal need gratification theory dan
the expectancy disconfirmation model. Metode yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah
responden sebanyak 155 responden yang merupakan pasien BPJS Kesehatan di
Rumah Sakit X pada bulan Juli 2022.
Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat
kompetensi komunikasi interpersonal tenaga kesehatan terhadap tingkat kepuasan
pasien BPJS Kesehatan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis
kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan tenaga kesehatan
terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan dengan nilai signifikansi sebesar
0,000.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kualita Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS Kesehatan
NOMOR: 116KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:52
Last Modified: 22 Dec 2023 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item