Search for collections on Undip Repository

AKADEMI ANIMASI DI KOTA CIMAHI

NUR FARAH, KHALDA (2023) AKADEMI ANIMASI DI KOTA CIMAHI. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
01-COVER.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version

Download (219kB)
[img] Text
05-ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (7kB)
[img] Text
11-BAB 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
12-BAB 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13-BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
14-BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
15-BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
16-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (75kB)

Abstract

Saat ini, industri animasi di Indonesia sudah banyak berkembang. Munculnya studio-studio animasi semakin merebak di seluruh Indonesia. Banyaknya studio animasi yang bermunculan di Indonesia menyebabkan kebutuhan terhadap SDM animasi meningkat. Namun, masih terdapat kesenjangan antara jumlah SDM animasi yang berkompeten dengan jumlah yang dibutuhkan industri. Kualitas SDM yang rendah dapat disebabkan oleh sistem pendidikan dan pelatihan yang hanya mengarah pada persediaan. Banyak pelajar Indonesia yang akhirnya lebih memilih menempuh pendidikan animasi di luar negeri dan tidak sedikit yang memilih tetap tinggal di sana setelah lulus untuk bekerja. Padahal, kebutuhan terhadap SDM animasi yang berkualitas di Indonesia pun perlu untuk dipenuhi. Oleh karena itu, dibutuhkan lembaga pendidikan tinggi animasi dengan sistem pendidikan yang lebih baik serta fasilitas yang lengkap untuk menghasilkan SDM animasi yang lebih berkompeten dan siap kerja.
Kota Cimahi merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadikan industri animasi sebagai sektor unggulan daerah. Kota Cimahi berambisi menjadi Kota Animasi sehingga pemerintah setempat dengan gencar mendorong perkembangan industri animasi di Kota Cimahi. Kota Cimahi memiliki ekosistem yang mendukung sebagai lokasi pembangunan Akademi Animasi yang dapat menghasilkan SDM animasi yang lebih berkompeten. Kehadiran Akademi Animasi pun dapat mendukung citra Kota Cimahi sebagai Kota Animasi dan menarik pendatang dari luar kota untuk mempelajari animasi di Kota Cimahi.
Tujuan penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) ini adalah untuk merumuskan rancangan desain bangunan Akademi Animasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menghasilkan SDM animasi yang lebih berkompeten dan siap kerja. Lingkup pembahasan LP3A ini adalah aspek-aspek arsitektural perencanaan dan perancangan Akademi Animasi. Metode pembahasan LP3A ini adalah deskriptif, dokumentatif, dan komparatif. Penyusunan LP3A ini akan menghasilkan program perencanaan dan perancangan bangunan Akademi Animasi di Kota Cimahi.
Kata Kunci: Akademi; Animasi; Sekolah Vokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:52
Last Modified: 15 Jan 2024 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item