Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO ON- DEMAND (SVoD) NETFLIX

RAHMAWATI, SOFIANISA (2022) PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO ON- DEMAND (SVoD) NETFLIX. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (649kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (991kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (383kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (727kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (38kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (218kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan persepsi harga
terhadap keputusan pembelian layanan SVoD Netflix. Beberapa tahun terakhir, terutama saat
pandemi COVID-19, pendapatan Netflix terus menurun sepanjang tahun 2021 dan 2022. Di
sisi lain, Netflix sebagai pelopor layanan SVoD di dunia telah mengimplementasikan berbagai
strategi untuk membangun dan menjaga citra baik yang dimilikinya. Selain itu, dari sisi harga
yang ditetapkan pun meski relatif lebih tinggi, namun jumlah konten yang tersedia lebih banyak
dibandingkan kompetitor sejenis dan harga yang ditetapkan masih pada rentang mayoritas
pengeluaran masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi tayangan SVoD. Kendati demikian,
Netflix masih belum berhasil menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif degan jenis eksplanatori dan
berlandaskan pada konsep Customer-Based Brand Equity dan Model of Consumer Behavior.
Teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak
100 responden yang merupakan generasi Z dan milenial yang berdomisili di Jabodetabek serta
mengetahui Netflix.
Hasil penelitian yang menggunakan alat uji statistik non parametrik Chi Square ini
berhasil mengungkap adanya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian layanan
Netflix dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.050. Selanjutnya, hasil yang berbeda terjadi
pada pengujian pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, yang mana tidak
terdapat pengaruh antar kedua variabel tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar
0.086 > 0.050. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa harga bukanlah persoalan
utama yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian layanan Netflix,
justru brand image yang baiklah yang menjadi pertimbangan, sehingga penting bagi brand
untuk terus menjaga citra baiknya. Penelitian ini dibatasi oleh variabel, serta rentang usia dan
domisili responden, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lainnya
serta memperluas latar belakang responden.

Kata Kunci: Brand Image, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, SVOD, Netflix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:39
Last Modified: 22 Dec 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19365

Actions (login required)

View Item View Item