Search for collections on Undip Repository

Gambaran Penggunaan Bahan Pengawet dan Pewarna Pada Makanan Olahan Di Pasar Peterongan Wilayah Kelurahan Jomblang Kota Semarang

Budi Pratiwi, Nadia and Anjani, Gemala and Mahati, Endang and Ayustaningwarno, Fitriyono Gambaran Penggunaan Bahan Pengawet dan Pewarna Pada Makanan Olahan Di Pasar Peterongan Wilayah Kelurahan Jomblang Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Nadia Budi Pratiwi.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pangan olahan merupakan makanan atau minuman yang berasal dari proses pemasakan dengan atau tanpa tambahan bahan pangan. Saat ini banyak makann olahan yang dijual namun kurang memperhatikan keamanan pangan didalamnya termasuk penambahan zat berbahaya seperti formalin, boraks, methanyl yellow, dan rhodamin b.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahan pengawet dan perwarna berbahaya pada produk makanan olahan di Pasar Peterongan wilayah Kelurahan Jomblang melalui uji kualitatif.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional . Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Sampel pada penelitian ini adalah 68 sampel makanan olahan. Penelitian ini menggunakan rapid test kit Labtest untuk mendeteksi adanya kandungan zat pengawet dan perwarna berbahaya. Analisis data bersifat deskriptif.

Hasil: Berdasarkan hasil uji sebesar 95,5% sampel makanan olahan positif mengandung formalin , 50% sampel makanan olahan positif mengandung boraks, dan hasil uji methanyl yellow serta rhodamin b keduanya negative
.
Kesimpulan: Masih ditemukannya penggunaan zat pengawet berbahaya pada sampel makanan olahan yang diperoleh di Pasar Peterongan.

Kata Kunci: Formalin, Boraks, Methanyl Yellow, Rhodamin B, Rapid tes kit Labtest

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Dec 2023 05:03
Last Modified: 22 Dec 2023 05:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19347

Actions (login required)

View Item View Item