Search for collections on Undip Repository

KORELASI INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DENGAN KUALITAS TIDUR DAN ACTIVITIES DAILY LIVING PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT TIPE-A: Studi di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Faza, Muhammad Salik and Budisulistyo, Trianggoro and Pasmanasari, Elta Diah and Santoso, Santoso and Julianti, Hari Peni (2023) KORELASI INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DENGAN KUALITAS TIDUR DAN ACTIVITIES DAILY LIVING PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT TIPE-A: Studi di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MUHAMMAD SALIK FAZA-22010120130202-ABSTRAK-KTI)
MUHAMMAD SALIK FAZA-22010120130202-ABSTRAK-KTI.pdf

Download (66kB)

Abstract

Latar Belakang: Perawat merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki peranan besar dalam penyediaan faktor kesehatan. Beban kerja yang dimiliki perawat tergolong dalam kategori tinggi terutama perawat yang bekerja di rumah sakit tipe A, dimana beban kerja yang dimiliki lebih tinggi sehingga risiko untuk mengalami nyeri punggung bawah juga meningkat. Nyeri punggung bawah dapat menurunkan dari produktifitas dalam bekerja serta sering dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk. Penurunan kualitas tidur akibat nyeri akan menyebabkan kelelahan hingga stress, yang dapat memengaruhi aktivitas sehari-sehari (activities daily living). Terdapat penelitian yang menganalisis hubungan dari nyeri punggung bawah dengan kualitas tidur serta activities daily living pada perawat, namun belum ditemukan penelitian mengenai hubungan dari intensitas nyeri pungggung bawah dengan kualitas tidur dan activities daily living pada perawat di rumah sakit tipe A.
Tujuan: Mengetahui korelasi dari intensitas nyeri punggung bawah dengan kualitas tidur dan activities daily living pada perawat di rumah sakit tipe A.
Metode: Penelitian dilakukan dengan metode observasional analitik dengan rancangan cross-sectioal. Subjek penelitian adalah perawat yang bekerja di RSUP Dr. Kariadi Semarang yang dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Intensitas nyeri punggung bawah diketahui berdasarkan skor dari Numerical Rating Scale, kualitas tidur subjek diketahui dari skor PSQI, dan untuk kriteria activities daily living diketahui dari skor ODI. Analisis dari hubungan antara intensitas NPB dengan kualitas tidur serta hubungan dari intensitas NPB dengan ADL menggunakan uji korelasi Spearman’s rank.
Hasil: Didapatkan hasil tidak bermakna antara hubungan dari intensitas NPB dengan kualitas tidur ataupun hubungan dari intensitas NPB dengan ADL. Nilai p didapatkan dari uji analisis antara intensitas NPB dengan kualitas tidur (p= 0,130) serta ADL yaitu (p=0,078).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara intensitas NPB dengan kualitas tidur ataupun dengan ADL.
Kata kunci: Nyeri punggung bawah, kualitas tidur, Activities Daily Living, Perawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nyeri punggung bawah, kualitas tidur, Activities Daily Living, Perawat.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:36
Last Modified: 22 Dec 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item