Search for collections on Undip Repository

Aktivitas Antioksidan Dan Uji Organoleptik Pada Teh Daun Alpukat Dengan Penambahan Cengkeh Dan Daun Stevia

Rahmawati, ‘Afifah and Ratna Noer, Etika and Fithra Dieny, Fillah and Probosari, Enny Aktivitas Antioksidan Dan Uji Organoleptik Pada Teh Daun Alpukat Dengan Penambahan Cengkeh Dan Daun Stevia. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak_'Afifah Rahmawati.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penderita diabetes melitus tipe 2 memerlukan pengendalian glukosa darah untuk mencegah komplikasi melalui manajemen diet, salah satunya diet tinggi antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat pada daun alpukat namun kualitas seduhan teh kurang optimal, sehingga dikombinasikan dengan cengkeh dan daun stevia.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas antioksidan dan organoleptik teh daun alpukat dengan penambahan cengkeh dan daun stevia.
Metode: Penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari tiga kelompok formula perlakuan dengan perbedaan berat daun alpukat, cengkeh dan daun stevia, meliputi : F1 (2 : 1 : 1) gr, F2 (2 : 2 : 1) gr, dan F3 (2 : 3 : 1 ) gr, dan satu formula kontrol yang hanya meliputi 2 gram daun alpukat. Analisis data aktivitas antioksidan menggunakan ANOVA dilanjutkan uji Duncan, sedangkan analisis organoleptik menggunakan Kruskal-Wallis dilanjutkan uji Mann Whitney.
Hasil: Aktivitas antioksidan, uji mutu hedonik, dan uji hedonik pada semua kelompok formulasi mengalami perbedaan yang signifikan (p<0,05), kecuali pada uji hedonik parameter kekentalan (p=0,130). Selain itu, seiring penambahan cengkeh pada teh akan meningkatkan aktivitas antioksidan, namun daya terima pada rasa akan berkurang. Perlakuan teh F1 merupakan formulasi terbaik dengan aktivitas antioksidan 65.87 ± 3,316 dengan kualitas seduhan teh berwarna kuning kecoklatan, beraroma agak berbau cengkeh, tidak kental, memiliki rasa agak manis, dan daya terima dari semua parameter adalah suka.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kandungan aktivitas antioksidan dan karakteristik pengujian organoleptik pada teh daun alpukat dengan penambahan cengkeh dan daun stevia pada semua kelompok formulasi.

Kata kunci: Diabetes Melitus tipe 2; Aktivitas Antioksidan; Teh Daun Alpukat; Cengkeh; Daun Stevia.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:48
Last Modified: 22 Dec 2023 04:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item