Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terapi Vokasional pada Pasien dengan Gejala Psikotik

Syifa, Mar'atus and Jusup, Innawati and Sarjana, Widodo and Asikin, Hang Gunawan (2023) Pengaruh Terapi Vokasional pada Pasien dengan Gejala Psikotik. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
MAR'ATUS SYIFA-22010120120008-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar belakang : Psikosis merupakan spektrum gejala yang mengakibatkan hilangnya kontak dengan kenyataan. Gejala psikosis antara lain, waham, halusinasi, gangguan pikiran, gangguan motorik, defisit kognitif, perseptual, dan emosional yang berdampak pada fungsi sosial pasien. Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (TAKS) adalah suatu rangkaian kegiatan untuk membantu dan memfasilitasi untuk bersosialisasi secara bertahap. Jenis evaluasi komunikasi TAKS, yaitu kemampuan berkenalan, bercakap-cakap, menyebutkan manfaat, dan kemampuan nonverbal.
Tujuan : Menganalisis terapi aktivitas kelompok sosialisasi untuk menurunkan gejala psikotik dinilai dengan skor PANSS dan skor evaluasi komunikasi TAKS.
Metode : Jenis penelitian pra-eksperimental dengan one group pre-posttest design dengan intervensi TAKS selama 2 minggu. Subjek penelitian 30 pasien, dengan kriteria inklusi meliputi pasien rawat jalan dengan gejala psikotik yang didiagnosis sesuai rekam medis elektronik rumah sakit, tinggal di Semarang, berusia 18-30 tahun, dan mengisi informed consent. Kriteria eksklusi yaitu memiliki komorbid. Data diolah dengan program IBS SPSS Statistics 26.
Hasil : Rerata skor PANSS pre-test 55,26 ± 6,30, sedangkan rerata skor PANSS post-test 45,85 ±3,98. Terdapat perbedaan bermakna dengan rerata skor PANSS post-test lebih rendah
dibandingkan skor PANSS pre-test. Terdapat pengaruh pemberian TAKS terhadap pasien dengan gejala psikotik dengan nilai p = <0,001. Skor evaluasi komunikasi TAKS yang signifikan adalah kemampuan bercakap-cakap, menyebutkan manfaat, dan kemampuan nonverbal dengan p = <0,001.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh pemberian terapi vokasional (terapi aktivitas kelompok sosialisasi) terhadap pasien dengan gejala psikotik.

Kata kunci : psikosis, PANSS, TAKS, terapi vokasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: psikosis, PANSS, TAKS, terapi vokasional
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:12
Last Modified: 22 Dec 2023 03:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19281

Actions (login required)

View Item View Item