Search for collections on Undip Repository

UJI INHIBISI α-AMILASE EKSTRAK ETANOL DAUN MIANA LIDAH MERAH (Solenostemon scutellarioides (L.) Codd) SECARA IN VITRO

Hartono, Dimas Rahmatullah Tri and Rukmi, MG Isworo and WULANDARI, FITRI (2023) UJI INHIBISI α-AMILASE EKSTRAK ETANOL DAUN MIANA LIDAH MERAH (Solenostemon scutellarioides (L.) Codd) SECARA IN VITRO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Latar Belakang: Hiperglikemia terjadi karena peningkatan kadar glukosa darah melebihi normal yang merupakan salah satu tanda dari penyakit diabetes melitus. Diabetes melitus (DM) adalah penyakit yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Salah satu cara mengatasi diabetes melitus yaitu menghambat kerja enzim yang menghidrolisis karbohidrat. Gula darah berasal dari karbohidrat yang dicerna oleh sistem pencernaan, ketika jumlah insulin lebih sedikit daripada jumlah glukosa maka kadar gula darah akan meningkat. Kenaikan kadar gula darah diakibatkan oleh aktivitas beberapa enzim, antara lain α-amilase. Obat yang bekerja menghambat enzim ini adalah akarbose. Beberapa tanaman obat dapat mengendalikan kadar gula darah, misalnya miana lidah merah.
Tujuan: Mengetahui kandungan fitokimia dan efektivitas ekstrak etanol 70% daun miana lidah merah (S. scutellarioides (L.) Codd) dalam menghambat enzim α-amilase sebagai antihiperglikemik.
Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan perlakuan etanol 70% daun miana lidah merah konsentrasi 200 ppm dan akarbose sebagai kontrol positif. Uji statistik menggunakan t-test dengan one tailed test.
Hasil: Simplisia daun miana lidah merah mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan steroid. Persentase inhibisi enzim α-amilase ekstrak etanol 70% daun mianalidah merah konsentrasi 200 ppm sebesar 61,03%.
Kesimpulan: Ekstrak etanol 70% daun miana lidah merah konsentrasi 200 ppm berpotensi menghambat enzim α-amilase.

Kata Kunci: daun miana lidah merah, antidiabetes, enzim α-amilase

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: daun miana lidah merah, antidiabetes, enzim α-amilase
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:50
Last Modified: 22 Dec 2023 02:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item View Item