Search for collections on Undip Repository

Penyelesaian Masalah Transportasi Fuzzy dengan Bilangan Triangulan Fuzzy Menggunakan Metode Sirisha-Viola dan Best Candidate Method

Enjelita, Monicha Cindy Sara (2023) Penyelesaian Masalah Transportasi Fuzzy dengan Bilangan Triangulan Fuzzy Menggunakan Metode Sirisha-Viola dan Best Candidate Method. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 Monicha Cindy Sara Enjelita - Monicha Cindy.pdf

Download (521kB)
[img] Text
File 2 Monicha Cindy Sara Enjelita - Monicha Cindy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
File 3 Monicha Cindy Sara Enjelita - Monicha Cindy.pdf

Download (94kB)

Abstract

"Masalah transportasi adalah masalah pendistribusian barang untuk mengatur distribusi dari sumber ke tujuan. Setiap perusahaan pasti ingin meminimalkan biaya proses transportasi, sehingga diperlukan strategi pemecahan masalah transportasi untuk memberikan solusi yang optimal. Namun, seringkali ada ketidakpastian dalam permintaan, pasokan, dan biaya transportasi. Oleh karena itu, diperlukan metode fuzzy untuk menyelesaikan masalah transportasi dimana parameternya seperti permintaan, penawaran, dan biaya distribusi berbentuk bilangan fuzzy. Metode Sirisha-Viola dan Best Candidate Method merupakan metode yang digunakan untuk menentukan solusi fisibel awal masalah transportasi fuzzy. Metode ini memberikan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami dalam menentukan solusi fisibel awal pada masalah transportasi, dimana metode Sirisha-Viola mempunyai keunikan yaitu dengan cara menukar baris genap dan ganjil serta menukar kolom genap dan ganjil, sedangkan Best Candidate Method pengerjaannya lebih mudah yaitu dengan cara memilih dua kandidat terkecil tiap baris untuk dijadikan kandidat terbaik. Robust ranking digunakan untuk mengubah masalah transportasi fuzzy ke dalam masalah transportasi crisp. Pada simulasi penyelesaian masalah transportasi di TB. Bagas Keramik, dengan menggunakan Metode Sirisha-Viola diperoleh biaya total pendistribusian keramik sebesar 1072.8 (dalam satuan ratusan ribu rupiah). Sedangkan biaya total transportasi pada TB. Bagas Keramik menggunakan Best Candidate Method, adalah 1149 (dalam satuan ratusan ribu rupiah).

Kata Kunci: Masalah Transportasi Fuzzy, Robust Ranking, Metode Sirisha-Viola, Best Candidate Method"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 21 Dec 2023 10:43
Last Modified: 21 Dec 2023 10:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19258

Actions (login required)

View Item View Item