Search for collections on Undip Repository

Hubungan Peran Kader Remaja sebagai Peer Educator dengan Pengetahuan, Niat, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada Siswi SMP Negeri 7 Semarang

Adibah, Qonita and Margawati, Ani and Sandi Wijayanti, Ayu and Purwanti, Rachma Hubungan Peran Kader Remaja sebagai Peer Educator dengan Pengetahuan, Niat, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada Siswi SMP Negeri 7 Semarang. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Qonita Adibah.jpg

Download (318kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Posyandu remaja merupakan salah satu upaya penanganan anemia yang kegiatannya melibatkan kader remaja sebagai pemberi informasi, pemberi dukungan, dan membantu pemantauan konsumsi tablet tambah darah bagi teman sebaya lainnya. Belum banyak penelitian yang mengkaji hubungan peran kader dengan pengetahuan, niat, dan kepatuhan.
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan peran kader remaja dengan pengetahuan, niat, dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada siswi SMPN 7 Semarang
Metode: Menggunakan metode cross sectional dan melibatkan 106 responden dari kelas 8 SMPN 7 Semarang dengan teknik total sampling. Variabel yang diteliti yaitu peran kader remaja, pengetahuan, niat, dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Variabel perancu seperti ragam sumber informasi dan peran kelompok pendukung juga diteliti. Seluruh data diambil menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan uji Chi-square atau Fisher Exact, dan uji regresi logistik ganda untuk mengontrol variabel perancu.
Hasil: Tidak terdapat hubungan peran kader remaja dengan pengetahuan (p=0,402), niat (p=0,099), dan kepatuhan (p=0,783). Namun, peran kader remaja sebagai pemberi dukungan berhubungan dengan niat (p=0,033) dan kepatuhan (p=0,023). Ditemukan hubungan kader remaja sebagai sumber informasi dengan niat (p=0,043; AOR=14,98; 95%CI: 1,64-136,76).
Kesimpulan: Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara peran kader remaja secara keseluruhan dengan pengetahuan, niat, dan kepatuhan pada siswi SMP Negeri 7 Semarang.
Kata Kunci: kader remaja, pengetahuan, niat, kepatuhan, konsumsi tablet tambah darah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:43
Last Modified: 21 Dec 2023 07:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item View Item