Search for collections on Undip Repository

Aktivitas Antioksidan, Viskositas dan Daya Terima Yogurt Selai Ciplukan (Physalis peruviana L.)

Ridha Safitri, Dea and Ayustaningwarno, Fitriyono and Purwanti, Rachma and Nur Afifah, Diana Aktivitas Antioksidan, Viskositas dan Daya Terima Yogurt Selai Ciplukan (Physalis peruviana L.). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Dea Ridha Safitri.pdf

Download (32kB)

Abstract

Latar belakang: Aktivitas antioksidan dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif. Yogurt merupakan salah satu pangan fungsional yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Untuk meningkatkan aktivitas antioksidan pada yogurt, ditambahkan selai buah ciplukan sebagai sumber pangan tinggi aktivitas antioksidan.
Tujuan: Menganalisis aktivitas antioksidan, viskositas, dan daya terima yogurt selai buah ciplukan (Physalis peruviana L.).
Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor, yaitu konsentrasi selai ciplukan (F0=0%, F1=10%, F2=15%, dan F3=20%) pada yogurt. Variabel yang diteliti adalah aktivitas antioksidan, viskositas, dan daya terima. Aktivitas antioksidan dianalisis menggunakan metode DPPH dan ABTS, viskositas dengan Brookfield digital rotational viscometer, dan daya terima dengan metode uji hedonik dan Just About Right (JAR). Analisis statistik menggunakan One-Way ANOVA/Kruskal-Wallis dan uji post-hoc/Mann Whitney, serta menggunakan uji penalty analysis.
Hasil: Terdapat perbedaan (p < 0,05) aktivitas antioksidan (ABTS), viskositas, daya terima uji hedonik (warna, aroma, dan rasa) dan uji JAR (warna, aroma manis, rasa manis, rasa asam, dan tekstur) antara formula yogurt. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p > 0,05) antara formula yogurt pada aktivitas antioksidan (DPPH), daya terima uji hedonik (tekstur), dan uji JAR (aroma asam).
Simpulan: Terdapat perbedaan antara aktivitas antioksidan, viskositas, dan daya terima antara formula yogurt. Formulasi terbaik berdasarkan tingkat kesukaan adalah formula F3 dengan konsentrasi selai buah ciplukan 20%.
Kata kunci: Selai buah ciplukan, aktivitas antioksidan, viskositas, daya terima

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:31
Last Modified: 21 Dec 2023 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item