Search for collections on Undip Repository

Efek Pemberian Biosunscreen dari Kombinasi Ekstrak Kulit Rambutan (Nephelium Lappaceum L.) dan Astaxanthin terhadap Paparan Radiasi Ultraviolet: Analisis Makroskopis dan Uji Elastisitas Pasca Intervensi pada Kulit Tikus yang Diinduksi Photodamage

Setiawan, Muhammad Toni and Armalina, Desy and Mundhofir, Farmaditya Eka Putra and Susilaningsih, Neni (2023) Efek Pemberian Biosunscreen dari Kombinasi Ekstrak Kulit Rambutan (Nephelium Lappaceum L.) dan Astaxanthin terhadap Paparan Radiasi Ultraviolet: Analisis Makroskopis dan Uji Elastisitas Pasca Intervensi pada Kulit Tikus yang Diinduksi Photodamage. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_KTI)
ABSTRAK KTI.pdf

Download (38kB)

Abstract

Satu dari tiga kematian akibat kanker kulit non-melanoma disebabkan karena bekerja di bawah sinar matahari. Salah satu cara untuk kerusakan pada kulit adalah dengan menggunakan tabir surya. Namun sayangnya, bahan aktif pada tabir surya yang beredar di pasaran memiliki efek negatif terhadap tubuh manusia dan lingkungan, sehingga dibutuhkan suatu formulasi tabir surya yang aman dan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaplikasian biosunscreen dari kombinasi ekstrak kulit rambutan dan astaxanthin terhadap kulit yang diinduksi paparan UV. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group. Tikus dibagi menjadi 7 kelompok dengan setiap kelompok berisi 5 tikus, yaitu 3 kelompok kontrol: Ks tidak diberi intervensi apapun, Kpos diberikan tabir surya komersial, dan Kneg hanya dipapar radiasi UV. Kelompok perlakuan: P1 diberikan ekstrak kulit rambutan 2%, P2 diberikan astaxanthin 2%, P3 diberikan kombinasi ekstrak mentah kulit rambutan 2% + astaxanthin 2%, dan P4 diberikan sediaan krim kombinasi. Tikus lalu dipapar sinar UV 3 kali seminggu selama 4 minggu kecuali kelompok Ks. Di akhir perlakuan dilakukan penilaian elastisitas dan gambaran makroskopis kulit tikus. Rata-rata elastisitas kulit terbaik pada oleh kelompok P2 (7,3±3,35) dan gambaran makroskopis terbaik pada kelompok Ks (0,4±0,55). Uji statistik menunjukkan hasil signifikan (p<0,05) pada variabel elastisitas dan makroskopis kulit. Terdapat pengaruh positif pemberian kombinasi ekstrak kulit rambutan dan astaxanthin sebagai agen fotoprotektif alami terhadap photodamage pada kulit tikus akibat paparan sinar UV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tabir surya, Biosunscreen, Rambutan, Astaxanthin, Photodamage
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:54
Last Modified: 21 Dec 2023 07:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19231

Actions (login required)

View Item View Item