Search for collections on Undip Repository

Analisis Resepsi Film Yuni : Film Perlawanan Perempuan Banten Terhadap Ketidakadilan Gender

Aulia, Zulfa Rahma (2023) Analisis Resepsi Film Yuni : Film Perlawanan Perempuan Banten Terhadap Ketidakadilan Gender. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di wilayah Banten, ketidakadilan gender menimpa perempuan dalam bidang pendidikan. Hal ini disebabkan oleh budaya patriarki yang menganggap bahwa perempuan tidak perlu tamat sekolah tinggi-tinggi dan nantinya akan menikah serta mengurus rumah. Sehingga, perempuan yang tidak mendapatkan pendidikan yang cukup atau tidak menyelesaikan pendidikannya cenderung lebih mungkin untuk menikah pada usia yang lebih muda. Satu-satunya film yang menampilkan masalah ketidakadilan gender di Banten adalah film Yuni. Film Yuni membawa isu perlawanan perempuan terhadap dominasi patriarki. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan analisis resepsi Stuart Hall untuk mengetahui posisi pemaknaan khalayak dan semiotika Roland Barthes untuk mengungkap makna dominan yang muncul. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Muted Group Theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi perlawanan perempuan Banten terhadap ketidakadilan gender dalam Film Yuni dan mengetahui resepsi khalayak mengenai isu perlawanan perempuan Banten terhadap ketidakadilan gender dalam Film Yuni.
Hasil penelitian terkait representasi perlawanan perempuan Banten terhadap ketidakadilan gender dalam Film Yuni ditemukan bahwa perempuan melakukan perlawanan secara terbuka dan tertutup. Perlawanan terbuka dilakukan perempuan dengan menyatakan keinginan untuk melanjutkan pendidikan, menolak lamaran pernikahan dini secara langsung, mengajukan perceraian, dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Sedangkan, perlawanan tertutup dilakukan perempuan dengan melakukan seks bebas, menangis, hidup sendiri dan mandiri, dan melarikan
diri dari pernikahan dini. Terkait resepsi khalayak, hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas informan berada pada posisi oposisi terkait proses pembungkaman dan posisi dominan pada strategi perlawanan perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa informan cenderung setuju dengan pesan perlawanan
perempuan dan tidak setuju dengan pesan ketidakadilan gender yang ditampilkan pada film Yuni. Khalayak memiliki pemikiran feminisme dan kesadaran peran gender, tetapi sebagian kecil dari khalayak masih masih belum meninggalkan pola pikir patriarki dalam melakukan pemaknaan.
Kata Kunci : Film, Perlawanan Perempuan, Analisis Resepsi
NOMOR : 112KOM2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:07
Last Modified: 21 Dec 2023 07:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19227

Actions (login required)

View Item View Item