Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Citra Merek, Electronic word of mouth di Platform Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Smartphone Samsung Domisili Kota Semarang

Wibowo, Riski Setiadi (2023) Pengaruh Citra Merek, Electronic word of mouth di Platform Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Smartphone Samsung Domisili Kota Semarang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (664kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat sehingga
mengarahkan gaya hidup menjadi serba elektronik. Hal tersebut menjadi pasar
untuk Perusahaan digital khususnya yang bergerak dibidang komunikasi.
Fenomena ini dibuktikan dengan kenaikan jumlah pengguna smartphone di
Indonesia mulai dari tahun 2019-2022. Salah satu merek yang menguasai pasar
Indonesia adalah Samsung, akan tetapi jumlah penjualan produk smartphone
Samsung mengalami penurunan setiap tahunnya sejak 2019. Penelitian ini
mengamati pengaruh citra merek dan electronic word of mouth di platform
YouTube terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung yang
berdomisili di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research,
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan menggunakan multistage
sampling serta purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang yang sudah memenuhi syarat
sebagai responden. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear dengan alat bantu
SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan
pada variabel citra merek terhadap keputusan pembelian. Variabel electronic word
of mouth memberikan pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan
pembelian. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa citra merek dan electronic
word of mouth secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian.
Kata kunci : Citra Merek, Electronic word of mouth, Keputusan Pembelian
NOMOR: 150BISNIS2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:49
Last Modified: 21 Dec 2023 07:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item