Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI LIMBAH KULIT RAMBUTAN (Nephelium lappaceum) DAN ASTAXANTHIN SEBAGAI BIO-SUNSCREEN Penelitian Kadar Malondialdehid pada Plasma Darah Tikus Wistar pada Paparan Photodamage

Damayanti, Sintia and Armalina, Desy and Susilaningsih, Neni (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI LIMBAH KULIT RAMBUTAN (Nephelium lappaceum) DAN ASTAXANTHIN SEBAGAI BIO-SUNSCREEN Penelitian Kadar Malondialdehid pada Plasma Darah Tikus Wistar pada Paparan Photodamage. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.docx

Download (16kB)

Abstract

Latar Belakang: Photodamage yang disebabkan sinar UV A dan B secara bertahap dapat menginduksi perubahan klinis dan histologi pada kulit manusia serta merusak DNA yang menggangu kerja sel atau darah dalam tubuh hingga mengakibatkan kanker kulit. Apabila produksi Reactive Oxygen Species (ROS) atau jumlah radikal bebas lebih banyak dari antioksidan pada proses oksidasi mengakibatkan keadaan stres oksidatif. Upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya radikal bebas adalah dengan menggunakan tabir surya.
Tujuan: Menganalisis perbedaan kadar malondialdehid plasma darah tikus jantan galur wistar terhadap paparan photodamage antara kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental. Sampel penelitian menggunakan 35 ekor tikus jantan galur wistar yang dibagi kedalam 7 kelompok, 3 kelompok kontrol dan 4 kelompok perlakuan dengan jumlah tikus masing-masing kelompok 5 ekor tikus. Dilakukan pengujian kadar malondialdehid plasma darah tikus. Analisis statistik menggunakan uji Shapiro-wilk dilanjutkan Kruskall-Wallis dan uji Mann-Whitney
Hasil: Hasil pengukuran kadar MDA kelompok kontrol negatif, kontrol positif, kontrol sehat dan perlakuan 1, perlakuan 2, perlakuan 3, dan perlakuan 4 adalah 0,8252, 0,8505, 0,6881, 0,6765, 0,8540, 0,8807 dan 0,8471. Analisis statistik menggunakan uji Shapiro-wilk dilanjutkan Kruskall-Wallis dan uji Mann-Whitney ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok tersebut.
Kesimpulan: Disimpulkan bahwa kadar MDA plasma darah tikus wistar terhadap paparan photodamage antara kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan.

Kata kunci: malondialdehid, tabir surya alami, ekstrak kulit rambutan, astaxanthin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: malondialdehid, tabir surya alami, ekstrak kulit rambutan, astaxanthin.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:52
Last Modified: 22 Dec 2023 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item