Search for collections on Undip Repository

Seroprevalensi Dan Faktor Risiko Toksoplasmosis Pada Penyakit Ginjal Kronik Di RS Nasional Diponegoro

Nathaniel, Arya Seno and Riansari, Anugrah and Halleyantoro, Ryan (2023) Seroprevalensi Dan Faktor Risiko Toksoplasmosis Pada Penyakit Ginjal Kronik Di RS Nasional Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ARYA SENO NATHANIEL-22010119130145-KTI-ABSTRAK)
ARYA SENO NATHANIEL-22010119130145-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (571kB)

Abstract

Latar Belakang : Toksoplasmosis merupakan masalah kesehatan yang besar dengan prevalensi berkisar antara 30% dampai 60% populasi di dunia, serta merupakan patogen oportunistik. Penyakit ginjal kronik merupakan kondisi yang dapat menurunkan sistem imun sehingga meningkatkan risiko kejadian infeksi toksoplasmosis.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara seroprevalensi antibodi IgG Toxoplasma gondii dengan status PGK dan faktor risiko toksoplasmosis pada pasien PGK.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Subjek penelitian adalah 62 pasien penyakit ginjal kronik dirawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro yang diperoleh dengan metode consecutive sampling. Variabel bebas adalah kadar serum kreatinin dan riwayat perilaku dan variabel terikat adalah seroprevalensi antibodi IgG Toxoplasma gondii yang diuji dengan uji serologis ELISA. Uji statistik dilakukan dengan uji Chi Square, uji Fischer Exact, dan uji Korelasi Pearson.
Hasil : Seroprevalensi toksoplasmosis pada pasien PGK didapatkan 79,1%. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara seroprevalensi antibodi IgG Toxoplasma gondii dengan kadar serum kreatinin (p=0,141) dan terapi hemodialisis (p=0,264). Faktor risiko yang memiliki hubungan bermakna antara lain kontak erat dengan kucing (p=0,048), higenitas diri (p=0,006), dan sanitasi lingkungan (p=0,013). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara seroprevalensi antibodi IgG Toxoplasma gondii dengan konsumsi makanan tidak diolah dengan baik (p=1,000).
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan signifikan antara status PGK dengan seroprevalensi antibodi IgG Toxoplasma gondii. Faktor risiko yang memiliki hubungan signifikan adalah kontak erat dengan kucing, higenitas diri, dan sanitasi lingkungan.
Kata Kunci : Toksoplasmosis, PGK, IgG, Hemodialisis, Kreatinin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toksoplasmosis, PGK, IgG, Hemodialisis, Kreatinin
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:38
Last Modified: 21 Dec 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19210

Actions (login required)

View Item View Item