Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Asupan Zat Gizi, Pengetahuan Anemia, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Pesantren dan Non Pesantren

Aqilla Alfianti, Esya and Fithra Dieny, Fillah and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Sandi Wijayanti, Ayu Perbedaan Asupan Zat Gizi, Pengetahuan Anemia, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Pesantren dan Non Pesantren. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Esya Aqilla Alfianti.jpg

Download (573kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Anemia merupakan masalah gizi yang banyak terjadi pada remaja putri. Di pesantren, prevalensi anemia remaja putri mencapai >40%. Faktor penyebab anemia remaja putri antara lain kurangnya asupan zat besi, protein, folat, serta rendahnya pengetahuan anemia dan kurangnya konsumsi TTD.
Tujuan: Menganalisis perbedaan asupan zat gizi, pengetahuan anemia, dan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri di pesantren dan non pesantren.
Metode: Penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross-sectional. Subjek berjumlah 24 remaja putri di PP Al-Uswah dan 24 remaja putri di SMAN 12 Semarang. Variabel penelitian yaitu asupan zat gizi, pengetahuan anemia, dan kepatuhan konsumsi TTD. Analisis statistik menggunakan Independent Sample T-test jika berdistribusi normal dan Mann-whitney test jika berdistribusi tidak normal.
Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan anemia (p<0,001) dan asupan protein (p=0,003) dari kedua kelompok. Kelompok non pesantren memiliki pengetahuan anemia dan asupan protein yang lebih tinggi dibandingkan kelompok pesantren. Asupan zat besi, asupan folat, dan kepatuhan konsumsi TTD pada kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p>0,005).
Simpulan: Terdapat perbedaan pada asupan protein dan pengetahuan anemia remaja putri di pesantren dan non pesantren. Tidak terdapat perbedaan pada kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri di pesantren dan non pesantren.
Kata kunci: anemia, remaja, pesantren, tablet tambah darah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:00
Last Modified: 21 Dec 2023 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item