Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGECERPADA PRODUK DETERGEN (Studi Pada Mitra Distributor Makmur Sejahtera Sragen)

Adin, Alexander Michel Syach Putra (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGECERPADA PRODUK DETERGEN (Studi Pada Mitra Distributor Makmur Sejahtera Sragen). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (506kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (418kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (74kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Kebutuhan rumah tangga semakin hari semakin banyak dibutuhkan seiring dengan bertambahnya populasi dan kompleksnya hidup manusia. Dalam hal ini, distributor dituntut untuk bisa memberikan layanan yang terjamin supaya produk rumah tangga, termasuk detergen, dapat sampai ke konsumen akhir. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses ini adalah distributor dan pengecer. Kesetiaan pengecer kepada distributor dapat dipengaruhi oleh penerapan harga dan kualitas layanan yang diberikan. Namun tidak semua usaha distribusi mendapatkan loyalitas yang sebagaimana yang diharapkan, misalnya Distributor Makmur Sejahtera Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengecer pada Distributor Makmur Sejahtera Sragen. Penelitian ini bertipe deskriptif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengecer selaku responden yang berjumlah 45 orang yang sudah berlangganan produk detergen pada Distributor Makmur Sejahtera Sragen selama setidaknya 6 bulan. Analisis data dilakukan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengecer, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengecer, dan harga serta kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengecer. Saran yang bisa dipertimbangkan adalah kiranya Distributor Makmur Sejahtera terus berusaha meningkatkan mutu layanan yang diberikan supaya pengecer merasa bahwa layanan yang diberikan sudah layak untuk harga yang dibayarkan. Perbaikan layanan ini meliputi pemberian daya tanggap yang lebih cepat, perbaikan kondisi transportasi, memperbaiki kondisi pengiriman barang, meningkatkan koordinasi dan kesepahaman yang baik dengan pengecer, mengantisipasi hambatan-hambatan eksternal dalam proses distribusi. Sementara itu pemberian insentif atau keuntungan tambahan bagi pengecer juga perlu untuk meningkatkan loyalitas.

Kata kunci: Distribusi,Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Loyalitas Pengecer,
NOMOR : 149ADBIS2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:52
Last Modified: 21 Dec 2023 03:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19194

Actions (login required)

View Item View Item