Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Kejadian Rinitis Alergi yang Diakibatkan Tungau Debu Rumah terhadap Skor Kualitas Tidur

Al Hajj, Raja and Halleyantoro, Ryan and Dewi, Anna Mailasari Kusuma (2023) Hubungan antara Kejadian Rinitis Alergi yang Diakibatkan Tungau Debu Rumah terhadap Skor Kualitas Tidur. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (RAJA AL HAJJ-22010120140246-KTI-ABSTRAK)
RAJA AL HAJJ-22010120140246-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)

Abstract

Latar belakang: Tungau debu rumah sering di asosiasikan sebagai penyebab dari rinitis alergi. Gejala rinitis alergi memiliki efek yang merugikan pada kualitas hidup salah satunya adalah kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari sehingga konsentrasi terganggu dan menyebabkan penurunan hasil belajar. Tungau debu rumah sebagai salah satu alergen yang dapat menyebabkan rinitis alergi belum banyak diteliti dan terkaitannya dengan kualitas tidur.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain belah lintang. Penelitian ini melibatkan 102 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2020. Pengambilan data menggunakan metode simple random sampling. Subjek penelitian diambil sampel debu dari kamar nya kemudian mengisi kuesioner Score For Allergic Rhinitis (SFAR), Epworth Sleepiness Scale (ESS), Sleep hygiene, dan General Anxiety Disorder (GAD-7). Sampel debu yang sudah didapat lalu dikirim ke Laboratorium Sentral FK Undip untuk dilakukan pemeriksaan secara mikroskopis untuk dilihat adanya tungau debu rumah. Analisi data menggunakan uji Fisher dan Chi Square.
Hasil: Prevalensi rinitis alergi pada mahasiswa kedokteran adalah 14,7%, Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara rinitis alergi yang diakibatkan TDR dengan skor kualitas tidur, persentase jumlah ditemukannya TDR pada tempat tinggal mahasiswa kedokteran adalah 26,5%, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara adanya TDR dengan rinitis alergi (p=0,604)
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian rinitis alergi yang diakibatkan tungau debu rumah terhadap skor kualitas tidur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rinitis Alergi, Tungau Debu Rumah, Skor Kualitas Tidur
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:39
Last Modified: 21 Dec 2023 06:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19190

Actions (login required)

View Item View Item