Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN SHOPEE PAYLATER DAN PERSEPSI RISIKO LAYANAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER

Agata, Elisa Tiur (2023) PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN SHOPEE PAYLATER DAN PERSEPSI RISIKO LAYANAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (669kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (846kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (454kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (418kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tren penggunaan layanan pay later yang sedang meningkat pesat
di Indonesia pada tahun 2023, terutama dalam sektor fashion. Shopee PayLater, salah satu layanan
pay later di Indonesia, telah melakukan promosi penjualan yang berfokus untuk menarik minat
pengguna dengan keuntungan seperti cashback dan promosi lainnya, tanpa memberikan edukasi
mengenai risiko dan kewajiban yang harus dipahami konsumen sebelum mengadopsi layanan
tersebut. Meskipun layanan ini memberikan manfaat bagi konsumen dalam hal pemenuhan
kebutuhan mendesak, ada juga sisi risiko yang menjadi perhatian, terutama terkait pengelolaan
utang yang berlebihan, kesulitan keuangan bagi generasi muda, dan meningkatnya jumlah hutang
yang belum terbayar dalam layanan pay later di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan metode kuantitatif. Teori yang
digunakan adalah Behavioral Learning Theory dengan konsep Operant Conditioning untuk
menjelaskan pengaruh promosi penjualan, dan Risk Management Decision-Making Theory sebagai
landasan untuk memahami pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian. Melalui teknik
regresi sederhana untuk menganalisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan promosi
penjualan Shopee PayLater memiliki pengaruh dengan arah positif sebesar 14 persen terhadap
keputusan pembelian produk fashion menggunakan Shopee PayLater. Di sisi lain, persepsi risiko
terhadap layanan Shopee PayLater memiliki pengaruh dengan arah negatif sebesar 28,2 persen
terhadap keputusan pembelian produk fashion menggunakan Shopee PayLater.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik promosi penjualan Shopee PayLater maupun
persepsi risiko terhadap layanan tersebut dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam
melakukan pembelian produk fashion menggunakan Shopee PayLater. Oleh karena itu, Shopee
PayLater dapat memberikan edukasi risiko pay later pada pesan promosi penjualan yang dilakukan
dan mempertahankan sistem keamanan dan layanan untuk mengelola persepsi risiko di benak
konsumen.

Kata Kunci: Terpaan Promosi Penjualan, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian, Shopee PayLater
NOMOR: 111KOM2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:36
Last Modified: 21 Dec 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item