Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Core Stability Exercise Terhadap Keseimbangan dan Kelincahan Pada Pemain Sepak Bola

Nurfitra, Alia and Marijo, Marijo and Sihombing, Nydia Rena Benita and Supatmo, Yuswo (2023) Pengaruh Core Stability Exercise Terhadap Keseimbangan dan Kelincahan Pada Pemain Sepak Bola. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Alia Nurfitra_Abstrak)
22010120130128_Alia Nurfitra_Abstrak .pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Sepak bola berkaitan erat dengan cedera. Pada permainan sepak bola diperlukan kondisi fisik meliputi keseimbangan, kelincahan, daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan koordinasi yang baik untuk mencegah terjadinya cedera. Core stability exercise adalah latihan yang dilakukan dengan mengaktivasi otot-otot inti sehingga dapat meningkatkan stabilitas serta kekuatan batang tubuh yang kemudian menciptakan keseimbangan dan kelincahan.

Tujuan: Mengetahui pengaruh core stability exercise terhadap keseimbangan dan kelincahan pada pemain sepak bola.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan one group pre test-post test. Pengelompokan sampel penelitian dilakukan dengan metode total sampling pada seluruh pemain sepak bola U16 Diklat Diponegoro Muda sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Subjek penelitian diminta untuk melakukan core stability exercise selama 3 kali dalam seminggu selama 8 minggu. Latihan meliputi front plank, superman, right side plank, left side plank, crunch, dan glute bridge. Latihan dilakukan sebanyak 3 set dengan waktu 40 detik untuk setiap bentuk latihan serta dilakukan peningkatan waktu 5 detik setiap 3 kali pertemuan. Waktu recovery adalah 20 detik dengan interval 2 menit. Uji statistik menggunakan uji Shapiro Wilk, Wilcoxon, dan uji t berpasangan untuk menilai pengaruh antara variable bebas dan variable terikat.

Hasil: Hasil post test keseimbangan subjek penelitian menunjukkan peningkatan dibandingkan nilai pre test keseimbangan dengan nilai P < 0,001. Rerata pre test keseimbangan sebesar 94,90±3,90 dan rerata post test keseimbangan sebesar 99,40±0,99. Hasil post test kelincahan menunjukkan peningkatan dibandingkan hasil pre test kelincahan dengan nilai P < 0,001. Rerata pre test kelincahan sebesar 17,00±0,43 detik dan rerata post test kelincahan sebesar 16,31±0,38 detik.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh core stability exercise terhadap keseimbangan dan kelincahan pada pemain sepak bola.

Kata Kunci: core stability exercise, keseimbangan, kelincahan, olahraga sepak bola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: core stability exercise, keseimbangan, kelincahan, olahraga sepak bola.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:44
Last Modified: 22 Dec 2023 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item