Search for collections on Undip Repository

SIMULASI PENILAIAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BERBAHAYA DAN BERACUN TERHADAP INDEKS PROPER DI RST dr. SOEDJONO MAGELANG

MAHARANI, ALFINA (2023) SIMULASI PENILAIAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BERBAHAYA DAN BERACUN TERHADAP INDEKS PROPER DI RST dr. SOEDJONO MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALFINA.pdf - Published Version

Download (424kB)

Abstract

Rumah sakit dalam menjalankan fungsinya sebagai penyedia pelayanan kesehatan menjadi salah satu penghasil limbah medis B3 maupun Non B3. Perlu penanganan khusus pada limbah medis karena berpeluang meningkatkan resiko transmisi penyakit, gangguan kesehatan, dan pencemaran lingkungan hidup. RST dr. Soedjono Magelang sebagai salah satu penghasil limbah B3 belum menjadi peserta dalam program PROPER yang diatur dalam PermenLHK RI Nomor 1 Tahun 2021. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui terdapat beberapa aspek pengelolaan limbah medis yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada PermenLHK Nomor 56 tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan observasional deskriptif yang bertujuan menilai sistem pengelolaan limbah medis berbahaya dan beracun terhadap indeks PROPER di RST dr. Soedjono Magelang melalui metode observasi dan wawancara pada informan utama dan triangulasi yang dipilih dengan teknik total sampling. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persentase ketaatan pengelolaan limbah medis B3 di RST dr. Soedjono menggunakan metode checklis berdasarkan PermenLHK RI Nomor 56 Tahun 2015 sebesar 82%. Berdasarkan PermenLHK RI Nomor 1 Tahun 2021 diperoleh persentase ketaatan 75% sehingga indeks PROPER yang diperoleh yaitu merah . Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa aspek pengelolaan limbah B3 yang belum sesuai standar.

Kata kunci : PROPER, Pengelolaan Limbah B3, Rumah Sakit, Limbah Medis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:10
Last Modified: 21 Dec 2023 01:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item